loading...

Multipel Intelegensi Teori Belajar dan Pembelajaran

April 26, 2013
loading...
Multipel Intelegensi
Dra. Refni Delfi, M.Pd.


PENDAHULUAN
Multipel Intelegensi Teori Belajar dan Pembelajaran
Dalam modul terdahulu telah dibahas tentang prinsip-prinsil yang harus diperhatikan dalam pengembangan program belajar dan pembelajaran Pada modul kelima ini akan dibahas tentang multiple intelegensi multiple intelegensi atau multiple intelligences sering juga disebut kecerdasan majemuk, atau kecerdasan ganda". Mengapa topik ini perlu dibahas dalam mata kuliah teori Belajar dan Pembelajaran? Tentu Anda tahu jawabannya. Karena setiap kali individu yang belajar pasti melibatkan pikirannya, dan di dalam pikiran tersebut terdapat intelegensi atau kecerdasan. Materi ini berguna untuk menambah wawasan Anda dalam mengernbangkan program pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Sejak dahulu dan sampai sekarang masih banyak pertanyaan muncul berkaitan dengan intelegensi atau kecerdasan ini, misalnya mengapa anak saya bodoh? Mengapa saya tidak sepandai dia? Apakah orang itu bodoh karena IQ-nya rendah? Dan seterusnya. Sekarang, pertanyaan-pertanyaan tersebut mulai bergeser menjadi apakah kecerdasan anak saya dapat ditingkatkan? Siapa yang dapat meningkatkan kecerdasan? Bagaimana meningkatkan kecerdasan? Dan seterusnya. Di samping itu, masih banyak pertanyaan lain yang sering diajukan orang berkenaan dengan kecerdasan ini. Selain itu, muncul juga keluhan dari para guru bahwa mereka merasa telah menjelaskan materi pelajaran sejelas-jelasnya tetapi masih ada saja anak didik yang tidak dapat memahami pelajaran dengan baik. Banyaknya keluhan baik dari anak didik, orang tua, maupun pendidik tentang bagaimana agar anak didik dapat menerima pelajaran dengan baik mendorong dilakukannya penelitian untuk melihat faktor-faktor yang membuat anak didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Salah satu temuan yang sangat bermanfaat adalah bahwa setiap individu memiliki tidak hanya satu intelegensi tetapi lebih, yang disebur multiple intelligences atau kecerdasan majemuk atau kecerdasan ganda. Apa itu multipel intelegensi dan bagaimana dampaknya terhadap aktivitas belajar anak didik, serta bagaimana menerapkannya dalam kegiatan atau program pembelajaran akan dibahas dalam Modul 5 ini.

Setelah mempelajari modul ini, secara umum Anda diharapkan dapat menerapkan teori-teori yang berkenaan dengan multiple intelegensi mulai dari merancang pembelajaran sampai dengan melaksanakan pembelajaran serta menilai proses dan hasil belajar, tujuannya adalah agar Anda dapat memfasilitasi pengembangan beberapa intelegensi siswa dalam satu kegiatan pcmbelnjaran. Secara khusus, setelah mempelajari modul ini diharapkan Anda dapat:
1. Menjelaskan pengertian multipel intelegensi/kecerdasan ganda/kecerdasan majemuk;
2. Menyebutkan tokoh penemu multipel intelegensi;
3. Menjelaskan delapan karakteristik intelegensi;
4. Menjelaskan faktor-faktor yang, mempengaruhi perkembangan multipel intelegensi;
5. Menjelaskan cara penerapan teori-teori multipel intelegensi dalam menyusun rancangan pembelajaran dalam rangka meningkatkan berbagai intelegensi/kecerdasan siswa melalui kegiatan pembelajaran;
6. Mengoperasionalkan cara-cara meningkatkan intelegensi/kecerdasan dalam kegiatan pembelajaran.


Untuk memudahkan Anda dalam mempelajari modul, pembahasan materi dalam modul ini dibagi menjadi tiga kegiatan belajar. Kegiatan Belajar 1 membahas tentang pengertian dan karakteristik multipel intelegensi. Kegiatan Belajar 2 membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan multipel intelegensi dan Kegiatan Belajar 3 membahas tentang program pembelajaran yang mengakomodasi perkembangan multipel intelegensi.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929