loading...

Ayat Dan Hadits Tentang Tujuan Dan Metode Pendidikan

April 26, 2013
loading...
Ayat Dan Hadits Tentang Tujuan Dan Metode Pendidikan


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang mana telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis bisa menulis tentang tujuan dan metode pendidikan “Shalawat serta salam marilah kita limpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW . dan para sahabat dan keluarganya.
Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu penulisan makalah ini, penulis menyadari bahwa dalam penulisan ini banyak sekali kekurangan, maka dari itu penulis meminta kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.


Penulis

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam proses pendidikan islam, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaa pencapaian tujuan, karena ia menjadi sarana yang bermaknakan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan sedemikian rupa sehingga dapat dipahami/diserap oleh manusia didik menjadi pengertian-pengertian yang fungsional.
Tujuan dan metode pendidikan islam jua tertuang di dalam Al-Qur’an dan hadits dimana di dalamnya menjelaskan tentang tujuan dan metode-metode pendidikan islam dapat kami simpulkan pendidikan tanpa adanya metode tidak akan tercapai suatu tujuan pendidikan.
B. Rumusan Masalah
Dalam makalah ini kami mencoba merumuskan masalah yaitu “ayat dan hadits tentang tujuan dan metode pendidikan.
C. Metode
Dalam pembuatan makalah ini penulis mengambil sumber-sumber dari pustaka yaitu pengumpulan sumber-sumber buku yang berkaitan dengan ayat dan hadits tentang tujuan dan metode pendidikan.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Ayat dan Hadits Tentang Tujuan Pendidikan
Dalam pendidikan islam ada beberapa tujuan pendidikan islam:
1. Tujuan Umum
Tujuan umum adalah tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan pendidikan baik dengan pengajaran atau dengan cara lain. Tujuan umum pendidikan islam harus dikaitkan pula dengan tujuan pendidikan nasional tahap-tahap dalam mencapai tujuan yaitu pada pendidikan formal (sekolah, madrasah) dirumuskan dalam bentuk tujuan kurikulum yang selanjutnya dikembangkan dalam tujuan instruktusional.
2. Tujuan Akhir
Pendidikan islam itu berlangsung selama hidup, maka tujuan akhirnya terdapat pada waktu hidup di dunia ini telah berakhir pula tujuan umum yang berbentuk insane kamil dengan pola takwa dapat mengalami naik turun, bertambah dan berkurang dalam perjalanan islam mengembangkan, memelihara, dan mempertahankan tujuan pendidikan yang telah di capainya. Orang yang sudah takwa dalam bentuk insam kamil masih perlu mendapatkan pendidikan dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan, sekurang-kurangnya pemeliharaan supaya tidak untuk dan berkurang meskipun pendidikan oleh diri sendiri dan bukan dalam pendidikan formal. Tujuan akhir pendidikan islam itu dapat di pahami dalam firman Allah.

Artinya: wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa dan janganlah kamu mati kecuali dengan keadaan muslim (Q.S. Ali Imran:102).

Mati dalam keadaan berserah diri kepada Allah sebagai muslim yang merupakan ujung dari takwa sebagai muslim yang merupakan ujung dari takwa sebagai akhir dari proses hidup jelas berisikan kegiatan pendidikan inilah akhir dari proses pendidikan itu yang dapat dianggap sebagai tujuan akhirnya. Insan kamil yang mati dan akan menghadapi tuhannya merupakan tujuan
Tujuan akhir dari pendidikan islam itu terletak dalam realisasi sikap penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah sebagai hamba Allah yang berserah kepada khaliknya ia adalah hambanya yang berilmu pengetahuan dan beriman secara bulat, sesuai kehendak penciptanya agar terealisasi cita-cta yang terkandung dalam kalimat ajaran Allah.



Sesungguhnya salat dan ibadah ku dan hidup ku serta mati ku hanya untuk Allah, pendidik sekaligus Alam”.
3. Tujuan sementara
Tujuan sementara ialah tujuan yang akan dicapai setelah anak-anak didik diberi sejumlah pengalaman tertentu yang direncakan dalam suatu kurikulum pendidikan formal. Tujuan operasional dalam bentuk tujuan instruksional yang dikembangkan menjadi tujuan instruktursional umum dan khusus dapat di anggap tujuan sementara dengan sifat yang agak berbeda. Pada tujuan sementara bentuk insane kamil dengan pola takwa sudah kelihatan meskipun dalam sudah kelihatan pada pribadi anak, misalnya sejak tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasr gambaran insane kamil itu hendaknya islam di madrasah tsanawiyah berbeda dengan tujuan madrasah aliah begitu juga SLTP meskipun dengan demikian polanya sama yang berbeda hanya bobot dan mutunya saja.
4. Tujuan Operasional
Yaitu tujuan praktis yang akan dicapai dengan sejumlah kegiatan pendidikan tertentu menurut Prof. Dr. hasan Langgulung menyebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah suatu masalah yang sangat penting hal ini menunjukkan kaitannya dengan kaitan dengan tujuan hidup manusia yang barang kali lebih tepat disebutdengan tujuan akhir. Tujuan inilah yang disebutkan dalam Al-Qur’an Az_Zariyat: 56

Artinya: tidaklah aku menciptakan jin dan manusia agar mereka menyembah kepada ku (Q.S. Az-Zariyat:56).
Begitu juga dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 30

Artinya: “Ingatlah ketika tuhan mu berkata kepada malaikat aku akan menciptakan khalifah dimuka bumi.”
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929