loading...
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V/I
Alokasi
Waktu :
Standar
Kompetensi
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu,
Budha dan Islam. Keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan
ekonomi Indonesia.
Kompetensi
Dasar
1.4 Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Indikator
1. Menunjukkan
pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
2. Menyebutkan
keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan
pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:
1. Menunjukkan
pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
2. Menyebutkan
keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
B.
Materi
Pembelajaran
Menghargai suku bangsa
dan budaya Indonesia
C.
Model
Pembelajaran
DEBATE
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1) Guru
menanyakan tentang beberata suku bangsa yang ada di Indonesia
2) Guru
memasang peta kepulauan Indonesia di depan kelas
2.
Kegiatan Inti
·
Guru membagi dua
kelompok peserta debat, yang satu pro dan yang lainnya kontra
·
Guru memberikan tugas untuk
membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok tersebut
·
Setelah selesai membaca
materi, guru menunjuk salah satu anggota dari kelompok pro untuk berbicara,
saat itu pula ditanggapi atau dibahas oleh kelompok kontra, demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya
·
Sementara siswa
menyampaikan gagasannya, guru menulis inti atau ide-ide dari setiap pembicaraan
di papan tulis, sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
·
Guru menambahkan
konsep/ide yang belum terungkap
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru dan siswa
melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar
·
Dari data-data dipapan
ditulis, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada
topik yang ingin dicapai
E.
Sumber/Bahan
Belajar
a. Majalah,
surat kabar
b. Peta
tentang budaya dan suku bangsa
c. Buku
pengetahuan sosial kelas V
F.
Penilaian
Teknik : Tugas kelompok
Bentuk Instrumen : Penilaian lisan, tulisan
Contoh:
Carilah
informasi tentang suku bangsa di Indonesia dari berbagai sumber. Datanya dapat
dicatat pada kolom seperti dibawah ini:
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Suku bangsa apakah yang berasal
dari Pulau Sumatera?
|
Aceh, Batak, Melayu, Minang, dsb
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(.......................................)
|
Guru IPS
|
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/I
Alokasi
Waktu :
Standar
Kompetensi
1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indikator
1. Menunjukkan
sisi Utara, Selatan, Timur, dan Barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau
perairan yang menjadi batas NKRI
2. Menyebutkan
posisi lintang dan bujur NKRI
3. Memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan
pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :
1. Mengetahui
batas Utara, Selatan, Timur dan Barat NKRI
2. Menyebutkan
posisi lintang dan bujur NKRI
3. Memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI
B.
Materi
Pembelajaran
Batas wilayah NKRI,
luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI.
C.
Model
Pembelajaran
Problem Based
Introduction (PBI)
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1) Guru
dan siswa melakukan tanya jawab tentang fungsi peta dunia
2.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan
kompetensi yang ingin dicapai yaitu tentang batas dan luas wilayah NKRI
·
Guru membantu siswa
mendefenisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah tersebut (menetapkan topik)
·
Guru mendorong siswa
untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksprimen untuk mendapatkan
penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis
·
Guru membantu siswa
dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu
mereka berbagi tugas dengan temannya
·
Guru membantu siswa
untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksprimen mereka dan
proses-proses yang mereka gunakan
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru dan siswa
melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar
·
Guru dan siswa membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
E.
Sumber/Bahan
Belajar
a. Peta
dunia
b. Gambar/foto
tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut dan
udara
c. Buku
PKN untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd, hal: 1-3
F.
Penilaian
Teknik : Tugas kelompok
Bentuk Instrumen : Penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
Penilaian unjuk kerja (keaktifan anak berdiskusi)
Contoh Instrumen
1.
NKRI adalah .....
2. Indonesia
merupakan negara berbentuk .....
3. Indonesia
sebelah utara berbatasan dengan .....
4.
Indonesia terletak
antara ..... LU dan ..... BT
Kunci Jawaban
1.
Negara Kesatuan
Republik Indonesia
2. Kesatuan
Republik
3. Singapura,
Laut Cina Selatan, Malaysia, Selat Malaka dan Samudra Pasifik
4. 60
LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT
Mengetahui
Kepala Sekolah
(.......................................)
|
Guru PKN
|
loading...