loading...

PEMBIASAN

November 01, 2016
loading...
PEMBIASAN

Ketika cahaya melintas dari suatu medium ke medium lainnya, sebagian cahaya datang dipantulkan pada perbatasan. Sisanya lewat ke medium yang baru. Jika seberkas cahaya datang dan membentuk sudut terhadap permukaan ( bukan hanya tegak lurus ), berkas tersebut dibelokkan pada waktu memasuki medium yang baru. pembelokan ini disebut pembiasan.
Hal ini selalun terjadi ketika cahaya memasuki medium dimana lanjutan nya lebih kecil, jika cahaya merambat dari satu medium ke medium kedua dimana lajunya lebih besar, berkas di belokkan menjauhi normal.
Sudut bias bergantung pada lajunya cahaya kedua media pada sudut datang. Hunungan analitis antara dan di temukan secara experimental pada sekitar tahun 1621 oleh Willebrord Snell ( 1591 – 1626 ). Hubungan ini di kenal dengan hukum Snell.
adalah sudut datang dan adalah sudut bias ( keduanya di ukur terhadap garis yang tegak lurus permuaan antara kedua media ). n1 dan n2 adalah indeks - indeks bias materi tersebut. Berkas – berkas datang dan bias berada pada bidang yang sama, yang juga termasuk garis tegak lurus terhadap permukaan. Hukum Snell merupakan dasar hukum pembiasan.
Jelas dari hukum Snell bahwa jika n2 > n1, maka < artinya, jika cahaya memasuki medium dimana n lenih besar ( dan lajunya lebih kecil ), maka berkas cahaya di belokkan menuju normal. Dan jika n2 < n1, maka > , sehingga berkas di belokkan menjauhi normal.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929