loading...

POSISI PARAGRAP DALAM KARANGAN

November 08, 2016
loading...
JENIS-JENIS PARAGRAP


A. POSISI PARAGRAP DALAM KARANGAN
1. Contoh Paragrap Pembuka
Contoh: Ditengah hutan terdapt sebuah rumah tua. Di rumah itu ada seorang nenek penghuni rumah tuatersebut, nenek itu kira-kira berumur 75 tahun. Setiap malam ia selalu melihat seorang wanita di rumah tersebut, mungkin itu setan. Tapi nenek itu sudah terbiasa dengan hal-hal aneh seperti itu.

2. Contoh Paragrap Pengembang atau Paragrap Penghubung
Contoh: Tiba-tiba dari kamar dekat dapur terdengar suara tangisan wanita,semua anak muda itupun kaget. Koko dan Jamal berniat untuk menyelidikinya. Sesampainya di depan kamar dekat dapur itu, suaranya semakin keras didengar. Tiba-tiba nenek penghuni rumah tua itu muncul di belakang mereka dan tangisan seorang cewek itupun menghilang.

3. Paragrap Penutup
Contoh: Setelah mereka benar-benar kenyang, mereka segera mencari tempat tinggal. Dua hari kemudian mereka menemukan tempat tinggal yang menurut mereka tepat. Yaitu sebuah padang rumput yang luas. Mereka tidak akan kekurangan makanan karena di tepi padang rumput itu terdapat banyak pohon buah-buahan dan sebuah mata air yang bersih. Didi dan Dodo hidup dengan rukun. Semakin hari persahabatan mereka semakin erat. Mereka pun hidup dengan aman, tentram dan bahagia.




B. POSISI KALIMAT TOPIK
1. Paragrap Deduktif
Membaca merupakan factor utama untuk menguasai ilmu pengetahuan. Seseorang yang ingin menguasai ilmu hukum,cukup membaca buku-buku hukum, Ingin mengetahui pengetahuan tentang kesehatan, cukup membaca buku-buku kesehatan. Begitu juga buku-buku pengetahuan yang lain cukup dengan cara membaca buku yang berhubungan erat dengan ilmu tersebut. Jadi membaca merupakan factor utama untuk menguasai ilmu pengetahuan.








2. Kalimat Induktif
Seseorang yang ingin menguasai ilmu hukum,cukup membaca buku-buku hukum, Ingin mengetahui pengetahuan tentang kesehatan, cukup membaca buku-buku kesehatan. Begitu juga buku-buku pengetahuan yang lain cukup dengan cara membaca buku yang berhubungan erat dengan ilmu tersebut. Jadi membaca merupakan factor utama untuk menguasai ilmu pengetahuan.




3. Paragrap Deduktif-Induktif
Membersihkan rumah telah menjadi kewajiban setiap anggota kluarga. Karena rumah yang bersih akan selalu membuat penghuninya merasa nyaman dan tentram. Bukan hanya itu, dengan ruin membersihkan kita akan terhindar dari bibit penyakit. Tak uasah setiap hari membersihkanrumah minimal dia kali dalam seminggu. Itilah pentingnya membersihkan rumah


4. Paragrap Penuh Topik
Pagi hari itu aku berolahraga di sekitar lingkunga rumah. Dengan udara yang sejuk dan menyegarkan. Di sekitar rumah terdengar suara ayam berkokok yang menandakan pagi hari yang sangat indah. Kuhirup udara pagi yang segar sepuas-puasku.



C. TEKNIK PEMAPARAN PENGEMBANGAN PARAGRAP
1. Paragrap Argumentatif
Pencemaran lingkungan hamper terjadi di setiap Indonesia, terutama di kota-kota besar. Pencemaran lingkungan tersebut, antara lain polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin bertambah banyak, pembuanagan limbah industri dari pabrik-pabrik ang tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan. Pencemaran lingkungan tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar, contohnya udara menjai kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau terjangkitnya wabah penyakit, serta bencana banjir karena saluran air tersumbat oleh sampah.






2. Paragrap Deskripsi
Langit masih hitam pekat. Sang surya masih enggan melihatkan kegagahannya. Ayam pun masih enggan berkokok . Warga kampung itu masih asik dengan mimpi mereka. Akan tetapi, terdapat satu rumah yang terlihat erbeda. Rumah tersebut sudah dihiasi dengan tanda kehidupan. Dari rumah yang tidak jauh dari masjid itu terdengar suara orang-orang yang sedang menimba air sumur.



3. Paragrap Naraif
Pada game pertama, Kido yang bermain dengan lutut kiri dibebat mendapat perlawanan ketat chai/lu hingga skor imbang 16-16. Pada posisi ini, kido/henra yang lebih berpengalaman dalam berbagai kejuaraan memperlihatkan keunggulan mereka.




4. Paragrap Ekspositoris
Aku berjalan menuju menuju halaman rrumah-rumah yang sunyi. Aku terus berjalan dikota kecil yang suyi, hingga kutemukan patung sepedaan di tengah taman. Ada seorang gadis berbaju hijau mengintip ku dari balik rerimbun daun. Aku mengejarnya. Lantas, ia berhenti disalah sudut taman. Kami berpandang-pandangan sebelum aku tahunia benar-benar hilang. Bolak-balik aku mencoba mencarinya, sebelum aku benar-benar menemukannya, dering jam weker cukup menejutkan ku. Cahaya matahari sudahmenerobos masuk jendela kamarku.


5. Paragrap Persuasif
Hal umumyang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan antara lain, pola makan tidak teratur, sering terlambat makan, kurang mengkonsumsi sayur juga buah dan kurang memperhatikan gizi makanan. Padahal keseimbangan makanan terbukti memelihara kondisi fisik seseorang. Jadi, dari sekarang mulailah hidup anda dengan makan-makanan yang sehat, higienis, seimbang dan mempunyai gizi yang tinggi.

D. PENGENBANGAN PARAGRAP
1. Paragrap Perbandingan
Pemakaian batu bara Indonesia sampai saat ini masih terbatas, belum mampu dimanfaatkan sepenuhnya. Di Negara maju batubara sudah bias diolah menjadi sumber energy. Di samping itu, dengan teknologi tinggi batubara sudah bias menghasilkan bahan baku industry kimia berupa gas sintesis.



2. Paragrap Pertanyaan
Siapa osaman bin laden itu?Dia seorang bangsa Arab anak pengusaha terkenak di negri tersebut. Dia seorang politis muslim yang menetangpemerintah kerajaan di Arab, akibat pertentangan nya dengan pemerintah negri itu, dia lari ke Afganistan dan memimpin sebuah organisasi.


3. Paragrap Sebab-Akibat
Sudah beberapa hari ibunya Andi sakit. Ayahnya yang dinanti-nanti dari Samarinda untuk menjaga ibunya belum dating. Adik-adiknya yang masih kecil belum bisa menjaga ibunya. Terpaksa ia tidak masuk sekolah untuk menjaga ibunya.


4. Paragrap Contoh
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa pun mahal harga rokok mereka akan tetap membelinya. Misalnya di Malaysia, harga 20 batang rokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka.

5. Paragrap Perulanagan
Ada kaitan yang kuat antara makan, hidup dan berpikir pada manusia. Setiap manusia perlu makan, makan untuk hidup. Hidup tidak hanya untuk makan. Akan tetapi hidup manusia mempunyai tujuan. Tujuan hidup berbeda-beda antara satu dengan lainnya, tetapi ada persamaannya yakni salah satu diantaranya melangsungkan keturunan.




6. Paragrap Definisi atau Batasan
Istilah penebangan pohon secara liar sering digunakan dalam kehidupan.Penebangan pohon secara liar sering di artikan sebagai penebang pohon tanpa surat izindari pemerintah.Penebangan pohon secara liar merupakan perbuatan seorang pencuri dan tidak terpuji. Penebangan tersebut dilakukan karena demi kepentingan pribadi dan keserakahannya.







7. Paragrap Proses
Pembuatan selai nanas, mula-mula kupas nanas kemudian cuci hingga bersih, lalu tiriskan. Selanjutnya potong nanas dengan beberapa bagian, lalu blender hingga halus.Setelah halus siap untuk proses pemasakn dengan api yang kecil dan terus diaduk hingga warna berubah kecoklatan. Setalah itu selai nanas siap untuk disajikan.



8. Paragrap Klasifikasi
Pada dunia hewan pengelompokan bedasarkan ada tidaknya tulang belakang ( vetebrata ), yaitu hewan bertulang belakang ( vetebrata ) dan hewan tidak bertulang belakang ( avetebrata). Hewan bertulang belakang digolongkan menjadi ikan ( pisces ), Hewan dua alam ( amfibi ), Hewan melata (reptile), Burung (aves), dan hewan menyusui ( mamalia). Sedangakan hean tak bertulang belakang (avetebrata) digolongkan menjadi hewan bersel satu, hewan berpori, hewan berongga, hewan berkulit duri, cacing, hewan lunak, hewan berbuku-buku

loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929