loading...

pembekuan PSSI

November 01, 2016
loading...
A. Latar Belakang Masalah
Dengan pembekuan PSSI banyak dampak negatif yang didapatkan oleh warga indonesia, hilangnya mata pencarian. Dengan pembekuan PSSI bukanlah jalan yang baik untuk negara indonesia. Indonesia menaggung kerugian yang sangat banyak setelah komite eksekutif FIFA menanngguhkan kegiatan PSSI atas pelanggaran pasal 13 dan 17 Statuta FIFA terkait campur tangan pemerintah dalam urusan asosiasi, smua klub indonesia dan tim nasional dilarang ambil bagian dari agenda kompetisi yang diselenggarakan Asia ( AFC ) dan dunia ( FIFA ). Namun tim nasional U-23 indonesia masih diizinkan berpatisipasi dalam SEA Games 2015 di singapura.
Selain itu pihak penyelenggara juga terpaksa mengubah jadwal pertandingan dan melakukan pengundian ulang terkait indonesia dicoret dari ajang internasional. Berikut kerugian yang diderita indonesia.
1. Piala Dunia Rusia dan Piala Asia Uni emirat Arab
Indonesia semestinya berada di Grup F babak kualifikasi putaran kedua tapi telah dikeluarkan dari kompetisi. Semua telah dijadwalkan ( Cina Taipei vs Indonesia ), 11 juni, dan( indonesia vs Irak ) telah dibatalkan
2. Kualifikasi AFC U-16 dan AFC U-19
Indonesia dicoret dari daftar peserta kompetesi AFC U-16 dan AFC U-19 serta tidak ikut undian pada tanggal 5 juni.
3. Program pengembangan
Selama hukuman diterapkan, sepak bola indonesia juga tidak mendapatkan program pembangunan AFC dan FIFA. Pejabat PSSI tidak diperbolehkan berpatisipasi dalam kursus pelatihan, seminar, atau loka karya AFC atau FIFA.

Wakil presiden Jusuf Kalla mengatakan pembekuan persatuan sepak bola indonesia ( PSSI )berdampak negatif, bagi kelangsungan hidup kompetisi klub lokal. Musababnya, kompetesi liga lokal akan dihentikan permanen. Dengan pembekuan PSSI warga indonesi hanya nonton klub barcalona atau klub luar negeri, karena itu pemerintah dan PSSI harus duduk bersama untuk menyelesaikan masalah ini.
Munurut Kalla sepak bola bukanlah merupakan olahraga yang terukur. Sepak bola adalah olahraga permainan, artinya untuk mengetahui prestasi sepak bola harus terus bertanding dan lembaganya jangan dibekukan. Dengan dibekukannya sepak bola, mematikan penghidupan orang banyak, karena sepak bola komponennya terdiri dari pemain, pelatih, penonton, penjual kaos, penjual makanan, penjual karcis, satpam, macam – macam. Ratusan ribu, jutaan orang terlibat. Dengan pembekuan Persatuan Sepak Bola Indonesia, maka sangat banyak yang dirugikan dan mata pencariannya juga ikut terbekukan.
Jika terus dibekukan, di khawatirkan masyarakat tidak akan mengenal PSSI dan kompetisi liga di bawahnya. Bisa – bisa orangg hanya mengenal dengan liga spanyol atau luar negeri.


B. Rumus Masalah

1. Apa dampak PSSI Di bekukan ...?
2. Mengapa PSSI dibekukan...?

C. Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui dampak terhadap pemain PSSI dibekukan...
2. Untuk mengetahui alasan PSSI dibekuakan...



D. Manpaat Penelitian

1. Dengan penelitian ini penulis dan pembaca bisa mengatahui dampak yang di timbulkan oleh pemain sepak bola PSSI.

2. Untuk mengetahui faktor – faktor, mengapa PSSI dibekukan.




E. Batasan Masalah
Penelitian ini dibatasi pada dampak pembekuan Persatuan Sepak Bola Seluruh indonesia, dan mengapa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Dibekukan.



F. Kerangka Teori
1. PSSI
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia,di singkat PSSI, adalah organisasi induk yang bertugas mengatur kegiatan olahraga sepak bola di indonesia. Pssi berdiri pada tanggal 19 april 1930 dengan nama awal persatuan sepak raga seluruh indonesia. Sebagai organisasi olahraga yang lahir pada masa penjajahan belanda. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin sosrosoegond. Kelahiran PSSI ada kaitannya dengan upaya politik untuk menentang penjajahan. Apa bila mau meneliti atau menganalisa lebih lanjut saat-saat sebelum, selama, dan sesudah kelahirannya hiingga 5 tahun pasca proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, terlihat jelas bahwa PSSI lahir dibidani oleh muatan politis, baik secara langsung maupun tidak, untung menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih-benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda indonesia yang ikut bergabung. Pendiri PSSI menyelesaikan pendidikannya di sekolah teknik tinggi di heckelenburg, jerman, pada tahun 1928. Ketika kembali ke indonesia soeratin ( pendiri PSSI ) bekerja pada perusahaan bangunan belanda, sizten en lausada, yang berkantor pusat di yogyakarta.di sana beliau merupakan satu-satunya orang indonesia yang duduk sejajar dengan komisaris perusahaan kontruksi besar itu. Akann tetapi di dorong dengan semangat nasionalisme yang tinggi, beliau kemudian memutuskan untuk mundur darii perusahaan tersebut. Kemudian ia banyak aktif di bidang pergerakan. Sebagai seorang pemuda yang gemar bermainn sepak bola, beliau menyadari kepentingan pelaksanaan butir-butir keputusan yang telah disepakti bersama dalam pertemuan para pemuda indonesia pada taggal 28 oktober 1928 ( sumpah pemuda ). Soerati memperhatikan sepak bola sebagai wadah terbaik untuk menyamai nasionalisme di kalangan pemuda sebagai sarana untuk menentang belanda. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, soeratin rajin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di solo, yogyakarta, dan bandung. Pertemuan dilakukan dengan kontak pribadi secara diam-diam untuk menghindari sergapan polisi belanda ( PID ) kemudian, ketika mengadakan pertemuan di hotel kecil binnenhof di jalan kramat 17, jakarta, soeri, ketua VIJ ( voetballbond indonesische jakarta ), dan juga pengurus lainnya, dimatangkanlaah gagasan, perlunya untuk membentuk organisasi sepak bola nasional. Selanjutnyta gagasan tersebut dilakukan kembali di bandung, yogyakarta, dan solo yang dilakukan dengan beberapa tokoh pergerakan nasional, seperti daslam hadiwasito,amir notopratomo, A. Hamid, dan soekarno ( bukan bung karno ). Sementara itu untuk kota lainnya, pematangan dilakukan dengan cara kontak pribadi atau melalui kurir, seperti dengan soediro yang menjadi ketua asosiasi muda Magelang. Kemudian pada tanggal 19 april 1930, berkumpullah wakil dari VIJ ( SJAMSOEDIN maha siswa RHS ).
- Persatuan sepak bola mataram
Yogyakarta ( daslam hadi wasito, A. Hamid, dan m. Notopratomo ).
- Vonterlandsche voetbal bond magelang ( E.A Mangindaan), dan SIVB. Dari pertemua tersebut , diambillah keputusan untuk mendirikan PSSI, singkatan dari Persatoean Sepak Raga Saloeroeh Indonesia. Nama PSSI lalu diubah dalam kongres PSSI di solo pada tahun 1930 menjadi persatuan sepak bola seluruh indonesia sakaligun menetapkan Ir. Soeratin sebagai ketua umumnya.




G. Metode Penelitian
1. Observasi
Metode observasi atau disebut juga dengan pengamatan merupakan kegiatan pemusatan perhatian semua objek dengan menggunakan seluruh indra. Metode Observasi ini penulis gunakan untuk mendapatkan data-data tentang dampak pembekuan Persatua Sepak Bola Seluruh Indonesia dan mengapa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia di bekukan.


2. Wawancara
Wawancara adalah proses Tanya Jawab dalam penyelidikan Tanya jawab yang berlangsung secara lisan dalam mana dua orang atau lebih bertatap muka mendengarkan secara langsung informasi-informasi atau keterangan-keterangan. Metode wawancara ini penulis gunakan untuk mengumpulkan data tentang : dampak pembekuan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Dan mengapa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Dibekukan.




3. Dokumentasi
Dokumen sebagai cara mencari data mengurai hal-hal atau variabel-variabel yang merupakan catatan manuskrip, buku, surat kabar, majalah, notulen rapat, prasasti, leger, agenda dan sebagainya. Metode dokumentasi ini penulis gunakan unntuk mendapatkan data-data tentang :
1) Sejara berdirinya PSSI
2) Struktur Organisasi PSSI
3) Keadaan Pemain, karyawan di PSSI
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929