loading...

TUGAS UTS RESUME BAHASA INDONESIA

December 10, 2018
loading...
HAKIKAT BAHASA, FUNGSI BAHASA, IDENTIFIKASI FUNGSI BAHASA
1. HAKEKAT BAHASA
Bahasa adalah suatu sistem lambang berupa bunyi digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidntifikasi diri. Banyak ahli yang menjelaskan hakikat atau pengertian bahasa. Chaer memberikan ciri-ciri yang menunjukan hakikat bahasa antara lain, bahwa bahasa itu sebuah sistem lambang, berupa bunyi, bersifat arbitrer, produktif, dinamis, beragam dan manusiawi.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa hakikat. Bahasa itu adalah sebuah sistem yang terdiri atas subsistem-subsistem yang memiliki. Aturan tersendiri. Sistem bahasa tersebut dilambangkan dengan lambang bunyi bahasa. Yang memiliki makna dan bersifat arbitrer yang berdasarkan konvensi masyarakat.

2. FUNGSI BAHASA

Fungsi bahasa yang terutama adalah sebagai alat untuk bekerja sama atau berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat. Untuk berkomunikasi sebenarnya dapat juga digunakan cara lain misalnya isyarat, lambang-lambang gambar atau kode-kode tertentu lainnya. Tetapi dengan bahasa komunikasi dapat berlangsung lebih baik dan lebih sempurna. Bahasa indonesia sendiri, yang mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara di tengah-tengah berbagai macam bahasa daerah, mempunyai fungsi sebagai berikut:
1. Alat untuk menjalankan administrasi negara. Ini berarti, segala kegiatan administrasi kenegaraan, seperti surat menyurat dinas, rapat-rapat dinas, pendidikan dan sebagainya harus diselenggarakan dalam bahasa Indonesia.
2. Alat pemersatu berbagai suku bangsa di Indonesia . Komunikasi di antara anggota suku bangsa yang berbeda. Kurang mungkin dilakukan dalam salah satu bahasa daerah dari anggota sukubangsa itu. Komunikasi diantara suku bangsa yang berbeda kurang mungkin dilakukan dalam salah satu bahasa daerah dari anggota suku bangsa itu. Komunikasi lebih mungkin dilakukan dalam bahasa Indonesia. Karena komunikasi antar suku ini dilakukan dalam bahasa indonesia, maka akan terciptalah perasaan “satu bangsa” di antara anggota suku-suku bangsa itu.
3. Media untuk menampung kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah dapat ditampung dengan media bahasa daerah, tetapi kebudayaan nasional Indonesia dapat dan harus ditampung dengan media bahasa Indonesia.

3. IDENTIFIKASI FUNGSI BAHASA

Sebagai lambang kebanggan nasioal, bahasa Indonesia memancarkan nilai-nilai sosial budaya luhur bangsa indonesia. Keluhuran nilai yang di cerminkan bangsa indonesia kita harus bangga dengannya, menjunjungnya,dan kita harus memprhatikannya. Sebagai lambang identitas nasional,bangsa indonesia merupakanlambang bangsa Indonesia. Ini berarti,dengan bahasa Indonesia akan dapat diketahui siapa kita,yaitu sifat,perangai,dan waktu kita sebagai bangsa Indonesia. Dengan fungsi yang ketiga memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan, cita-cita, dan rasa nasib yang sama.
Bahasa Indonesia berfungsi pula sebagai pengantar lembaga-lembaga pendidikan. Setelah itu, harus menggunakan bahasa indonesia. Karya-karyailmiah di perguruan tinggi (baik buku rujukan, karya akhir mahasiswaskripsi,tesis,disertasi,dan hasil atau laporan penelitian)yang ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia telah mampu sebagai alat penyampaian iptek, dan sekaligus menepis anggapan bahwa bahasa Indonesia belum mampu mewadahi konsep-konsep iptek.

BATASAN RAGAM BAHASA

1. RAGAM BAHASA INTELEKTUAL (ILMIAH)
Ragam ilmiah merupakan pemakaian bahasa yang memadai dan mencerminkan sifat keilmuan dari karya ilmiah. Sebagai wadah, ragam ilmiah harus menjadi ungkapan yang tepat bagi kerumitan (sofistifikasi) pemikiran dalam katya ilmiah.
Ciri-ciri ragam bahasa ilmiah:
1. Struktur kalimat jelas dan bermakna lugas.
2. Struktur wacana bersifat formal.
3. Singkat.
4. Cermat dalam menggunakan unsur baku.
5. Objektif.
6. Dapat di ukur
7. Konsisten dalam pembahasan topik.

2. RAGAM BAHASA BISNIS
Ragam bahasa bisnis merupakan ragam bahasa yang di gunakan dalam berbisnis.
Ciri-ciri ragam bahasa bisnis:
1. Menggunakan bahasa yang komunikatif.
2. Bahasa yang cenderung resmi.
3. Terikat ruang dan eaktu.
4. Membutuhkan adanya orang lain.

3. RAGAM BAHASA SASTRA
Sastra adalah hasil cipta manusia dengan menggunakan media bahasa tertulis maupun lisan, bersifat imajinatif, di sampaikan secara khas, dan mengandung kesan yang bersifat relatif.

4. RAGAM BAHASA FILOSOFIS/FILOSOF
Filosofis berasal dari bahasa yunani yang terdiri atas suku kata philein/philos yang artinya cinta dan sophos/sophia yang artinya kebijaksanaan,hikmah,ilmu, dan kebenaran.

5. RAGAM BAHASA JURNALISTIK
Bahasa jurnalistik merupakan bahasa komunikasi masa sebagai tampak dalam tampak harian-harian surat kabar dan majalah.
Bahasa jurnalistik memiliki sifat-sifat khas yaitu :
1. Singkat.
2. Padat.
3. Sederhana.
4. Lugas.
5. Menarik.
6. Jelas.

PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DAN PEDOMAN UMUM PEMBENTUKAN ISTILAH

1. PENGERTIAN PEDOMAN UMUM BAHASA INDONESIA
a. Huruf abjad
Huruf voakal adalah tanda aksara dalam tata tulis yang melambangkan bunyi bahasa, sementara abjad merupakan kumpulan atau sistem aksara itu sendiri berdasarkan urutan yang umum dan baku dalam bahasa tertentu.
b. Huruf vokal
Huruf yang pelafalan bunyinya di hasilkan oleh arus udara yang tidak mengalami rintangan dan kualitasnya di tentukan oleh tiga faktor yaitu tinggi rendahnya posisi lidah, bagian lidah yang di naikkan, dan bnetuk bibir pada pembentukan vokal itu.
c. Huruf konsonan
Huruf yang pelafalan bunyinya di hasilkan dengan menghambat aliran udara pada salah satu tempat di saluran suara di atas glotis.
d. Huruf diftong
Huruf vokal yang berubah kualitasnya pada saat pengucapannya dan dalam sistem rulisannya di lambangkan oleh dua huruf vokal.
e. Gabungan huruf konsonan
Gabungan huruf konsonan kh,ng,ny, dan sy dalam bahasa indonesia melambangkan satu bunyi konsonan.
f. Huruf kapital
Huruf yang memiliki bentuk khusus dan berukuran lebih besar dari huruf biasa.
g. Huruf miring
Huruf yang letaknya miring.
h. Huruf tebal
Huruf yang di cetak tebal atau vet.

2. SUMBER-SUMBER ISTILAH
a. Istilah indonesia
b. Istilah nusantara
c. Istilah asing

BATASAN KALIMAT, STRUKTUR KALIMAT, KALIMAT EFEKTIF

1. BATASAN KALIMAT
Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan diucapkan dengan suara naik turun dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan ataupun asimilasi bunyi ataupun proses fonologis lainnya.

2. STRUKTUR KALIMAT
Kalimat adalah:Satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan suatu pikiran yang utuh . Dalam suatu kalimat terdiri dari beberapa unsur antara lain subyek, predikat, obyek ,pelengkap dan keterangan. Kalimat dikatakan sempurna jika minimal memliki unsur Subyek dan Predikat.
3. PENGERTIAN KALIMAT EFEKTIF
Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, dapat menyampaikan pesan secara tepat dan dapat dipahami secara tepat pula. Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar, pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus benar. Dalam hal ini situasi terjadinya komunikasi juga sangat berpengaruh. Kalimat yang dipandang cukup efektif dalam pergaulan, belum tentu dipandang efektif jika dipakai dalam situasi resmi, demikian pula sebaliknya.
PENGERTIAN PARAGRAF, POLA PIKIR PARAGRAF, PENGEMBANGAN PARAGRAF
1. PENGERTIAN PARAGRAF
Paragraf ialah suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau dapat diartikan pula paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang terdiri dari beberapa kalimat, yang berisiskan tentang informasi dari penulis untuk pembaca dengan pikiran utama sebagai pusatnya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya. paragraf dapat juga diartikan sebagai seperangkat kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok dan beberaa kalimat penjelas.kalimat pokok atau kalimat utama yaitu kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi penjelas masalah pada kalimat utama.


2. POLA PIKIR PARAGRAF
Paragraf dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Penjenisannya tersebut dapat ditinjau berdasarkan sifat isi atau berdasarkan bentuk pengembangan gagasannya,dan berdasarkan posisi dan fungsinya dalam karangan.
3. PENGEMBANGAN PARAGRAF
a. Klimaks-anti klimaks
b. Sudut pandang
c. Perbandingan dan pertentangan
d. Analogi
e. Contoh
f. Pola klausalitas
g. Generalisasi
h. Klasifikasi
i. Definisi luas
PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH
A. Pengertian Karya Tulis Ilmiah
Karya Tulis Ilmiah biasa disingkat Karya Ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah oleeh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

B. Tujuan Karya Tulis Ilmiah
1. Untuk melatih mengungkapkan pemikiran mengenai hasil penelitian dalam bentuk tulisan yang disusun secara sistematis.
2. Untuk menghasilkan pelajar yang mampu menjadi penghasil pemikiran dan penghasil karya tulis pada suatu bidang ilmu pengetahuan.
3. Karya ilmiah diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya.
4. Karya Ilmiah dapat menjadi suatu bukti bahwa pelajar memiliki wawasan dan potensi ilmiah dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai macam permasalahan.
5. Dapat melatih kemampuan atau keterampilan dasar untuk melakukan sesuatu penelitian ilmiah yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

C. FUNGSI KARYA TULIS ILMIAH
1. Fungsi untuk pendidikan
2. Fungsi untuk penelitian
3. Fungsi fungsional

D. KARAKTERISTIK KARYA TULIS ILMIAH
1. Logis
2. Data yang jelas
3. Objektif
4. Sistematis
5. Pembahasannya tuntas dan menyeluruh
6. Menggunakan bahasa yang baku
7. Dapat di uji kebenarannya

E. JENIS-JEENIS KARYA ILMIAH
1. Makalah
2. Skripsi
3. Tesis
4. Buku
5. Karya ilmiah populer
F. SISTEMATIKA PENULISAN
1. Sampul
2. Bagian Isi
3. Bagian Penunjang
RAGAM LISAN ILMIAH
1. PENGERTIAN BAHASA INDONESIA RAGAM ILMIAH
Salah satu bahasa indonesia yang di gunakan dalam menulis karya ilmiah. Sebagai bahasa yang di gunakan untuk memaparkan fakta,konsep,prinsip,teori atau gabungan dari keempatnya,bahasa indonesia di harapkan menjadi media efektif untuk komunikasi ilmiah baik secara tertulis maupun lisan.
2. KARAKTERISTIK BAHASA INDONESIA RAGAM ILMIAH
a. Cendikia
b. Lugas dan jelas
c. Bertolak dari gagasan
d. Formal
e. Objektif
f. Ringkas dan padat
g. Konsisten

3. RAGAM BAHASA ILMIAH
a. Ragam bahasa berdasarkan media atau sarana
1. Ragam bahasa lisan
2. Ragam bahasa tulis
b. Ragam bahasa berdasarkan penutur
1. Ragam bahasa berdasarkan daerah di sebut ragam daerah (logat/dialek)
2. Ragam bahasa berdasarkan pendidikan penutur
c. Ragam bahasa berdasarkan sikap penutur
d. Ragam bahasa menurut pokok persoalan atau bidang pemakaian

4. MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA RAGAM ILMIAH DALAM MENULIS DAN PERSENTASI ILMIAH
Ciri-ciri penggunaan bahasa indonesia ragam ilmiah dalam penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
1. Baku
2. Logis
3. Kuantitatif
4. Tepat
5. Denotatif
6. Runtun
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929