loading...
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
A.
IDENTITAS
MATA KULIAH
1.1
Nama Matakuliah : Dasar-dasar
Komputer dan Tehnologi Informasi dan
Komunikasi Anak Usia Dini
1.2
Kode Mata Kuliah : Aud 214
1.3
Bobot SKS :
2 SKS
1.4
Jenis Kompetensi : Komputasi
1.5
Mata Kuliah
Prasyarat : -
1.6
Program Studi/Program : PGPAUD
1.7
Semester : I (satu)
1.8
Dosen
Pengampu :
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata kuliah ini
mempelajari program aplikasi computer termasuk pengolah kata, presentasi, dan
pengolah data. Program aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Office, yaitu:
Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel dan penerapannya
dalam pembelajaran di PAUD sehingga guru dapat menstimulasi secara maksimal
aspek perkembangan, kecerdasan Anak
Usia Dini dengan computer sedini mungkin.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengoperasikan program
aplikasi Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft
Excel), program computer untuk anak usia dini serta dapat menerapkannya dalam
pengajaran pada PAUD.
D. KEGIATAN PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan
ini dilakukan melalui metode ceramah dan praktikum. Setiap akhir pembelajaran
program aplikasi Microsoft Office, mahasiswa diberi tugas sebagai berikut:
1.
Microsoft Word: membuat/mengedit naskah
sesuai dengan format
dan aturan tertentu
2.
Microsoft
PowerPoint: membuat slide presentasi tentang media pembelajaran matematika
3.
Microsoft Excel:
membuat dan mengolah data dengan aturan tertentu
4.
Program
pembelajaran untuk anak usia Dini.
5.
Menerapkan nya
Dallam pengajaran di Paud sesuai tema pengajaran.
E. JADWAL PERTEMUAN
PERTEMUAN
KE
|
POKOK BAHASAN
|
METODE
|
1
|
Pengantar
mata Kuliah. Penjelasan Silabus.
|
Ceramah dan tanya jawab
|
2
|
a.
Mengenal ruang
kerja Microsoft Word
b.
Mengetik,
menyisipkan, menghapus, memindahkan, dan menyalin teks
c.
Mengatur
spasi, tata letak margin dan orientasi halaman, dan menambahkan nomor halaman
|
Demonstrasi dan praktikum
|
3
|
a.
Membuat tabel
dan format kolom pada naskah
b.
Membuat surat
massal dan menampilkan data surat
|
Demonstrasi dan praktikum
|
4
|
a Editor
|
Demonstrasi dan praktikum
|
|
b Mencetak
dokumen
|
Demonstrasi dan praktikum
|
5
|
a.
Mengenal ruang
kerja Microsoft PowerPoint
b.
Membuat dan
mengatur file presentasi
a.
Membuat dan
mengatur slide
b.
Membuat dan mengatur teks
|
Demonstrasi dan praktikum
|
6
|
a.
Mengatur Word
Art dan Objek Shape
b.
Mengatur Objek
Gambar dan Background slide
c.
Menerapkan nya
dalam pengajaran di PAUD sesuai dengan tema dan sub tema
|
Demonstrasi dan praktikum
|
7
|
a.
Mengatur slide
show dan slide transition
b.
Bekerja dengan animasi
c.
Mencetak dokumen
d.
Menerapkan nya
dalam pengajaran di PAUD sesuai dengan tema dan sub tema
|
Demonstrasi dan praktikum
|
8
|
Ujian
Tengah Semester (UTS)
|
Ujian praktik
|
9
|
a.
Mengenal ruang
kerja Microsoft Excel
b.
Memasukkan dan
mengedit data
|
Demonstrasi dan praktikum
|
10
|
a.
Menghapus
data, format, sel, baris atau kolom, dan worksheet atau sheet
b.
Menyisipkan
sel, baris atau kolom, dan
worksheet atau sheet
|
Demonstrasi dan praktikum
|
11
|
a.
Mengatur baris
dan kolom
b.
Membuat grafik
dan menganti tipe grafik
|
Demonstrasi dan praktikum
|
|
a.
Menampilkan dokumen
b.
Mengatur
halaman dan ukuran kertas
|
Demonstrasi dan praktikum
|
|
Mengenal function
dalam Microsoft Excel
|
Demonstrasi dan praktikum
|
12
|
a.
Menentukan
orientasi percetakan, batas percetakan, dan area percetakan
b.
Mencetak dokumen
c.
Menerapkan nya
dalam pengajaran di PAUD sesuai dengan tema dan sub tema
|
Demonstrasi dan praktikum
|
13
14
15
16
|
a.
Program
pembelajaran anak Cerdas (cermat, rajin, asyik) dengan menggunakan aplikasi computer.
b.
Childsplay
c.
Program
computer yang terkait untuk
mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini
Ujian
Akhir Semester (UAS)
|
Demontrasi dan praktikum
Demontrasi dan praktikum
Demontrasi dan praktikum
Ujian Akhir Semester
|
F. REFERENSI
Boot, Ed & Leonard, W. 2007. Special Edition Using Microsoft Office 2007.
Indianapolis, Indiana: Que Publishing.
Christianus, Waloeyo, Y. J., dan Mario,
Y. E. 2010. 3 in 1 Microsoft Office 2007.
Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Kinkoph, S. W. 2007. Microsoft Office 2007 Simplified.
Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
Meier, D. 2000. The Accelerated Learning
Handbook. New York: McGraw-Hill.
Woolfolk, A. 2004. Educational
Psychology. Bostom: Allyn and Bacon.
Cruickshank, D.R.. dkk. 2006. The Act Of
Teaching. Boston: McGraw-Hill.
Heinich, R. , dkk. 2003. Intructional
Technologyand Media For Learning.Ohio: Merril Prentice Hall.
Benny A. Pribadi. Dkk. 2008. Komputer
Dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munir.2008. Kurikulum Berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Bandung:Alfabeta.
Fairus N.H. 2007. Mahir Menggunakan Teknologi Informasi dan
Komunikasi Microsoft Word 2003. Bandung: Ganeca Exact.
Mudyaharjo, Redja. 2001. Pengantar
Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja.
Fauzi, A. 2005. Aplikasi Excel dalam
Grafik Bisnis Terapan. Jakarta: Gramedia.
Widada H.H.R. 2010. Panduan Kreatif Menggunakan
Komputer Untuk Anak dan Remaja. Yogyakarta: Gava Media
SOAL UJIAN SEMESTER
1. Nama Matakuliah :
Pengenalan Kegiatan Sains Untuk Anak Usia Dini
2. Kode Mata Kuliah : AUD 131
3. Bobot SKS :
2 SKS
4. Program Studi/Program : PGPAUD
5. Semester : I (satu)
6. Dosen
Pengampu :
PETUNJUK SOAL
Kerjakanlah soal dibawah ini dengan dengan baik dan teliti. Jangan
kompromi dan boleh buka buku. Waktu
yang digunakan 100 menit.
SOAL:
1. Jelaskan
kenapa guru PAUD perlu mempelajari kegiatan Sains untuk anak usia dini.
Jelaskan beserta contoh.
2. Kenapa
guru PAUD sangat penting mengembangkan Sains dan Kegiatan Sains pada anak Usia
Dini jelaskan dengan contoh.
3. Metoda
Sains diantaranya Observasi, eksperimen, problem solving, hipotesis, prediksi,
penelitian (analisis data), dan kesimpulan. Bagaimana menerapkan metode
tersebut dalam pembelajaran di PAUD dilengkapi dengan contoh.
4. Jelaskan
pengaruh permainan Sains terhadap kehidupan anak dalam aspek kognitif, afektif
dan, sosial emosional dan psikomotor.
5. Jelaskan
materi Sain di PAUD.
6. Jelaskan
permainan Sain di PAUD sesuai dengan Tema Pengajaran di PAUD.
7. Bagaimana
cara guru menjelaskannya kepada anak PAUD tentang zat kimia, dan bahan kimia
yang berdampak negatif serta cara membuktikannya.
8. Bagaimana
cara guru menjelaskan tentang gerhana matahari dan bulan pada anak PAUD
SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES
SOAL UJIAN MID SEMESTER
1. Nama Matakuliah : Dasar-
Dasar Komputer dan Teknologi Informasi
Dan Komunikasi Anak Usia Dini
2. Kode Mata Kuliah :
3. Bobot SKS :
2 SKS
4. Program Studi/Program : PGPAUD
5. Semester : I (satu)
6. Dosen
Pengampu :
PETUNJUK SOAL
Kerjakanlah soal dibawah ini dengan dengan baik dan teliti. Jangan
kompromi dan boleh buka buku. Waktu
yang digunakan 100 menit.
SOAL:
1. Komputer
pada saat ini merupakan kebutuhan yang sangat urgen pada manusia. Komputer ini
perlu di kenalkan pada anak mulai dari anak usia dini.Jelaskan tentang
perangkat computer yang perlu saudara jelaskan pada anak usia dini dan
2. Bagaimana
cara menjelaskan kegunaan computer ini pada anak usia dini.
3. Keterampilan
menggunakan computer sangat membantu pekerjaan manusia dan akan membuat
kehidupan manusia lebih mudah dan dan lebih maju. Jelaskan beserta contoh
4. Komputer
mempunyai dampak positif dan negative. Jelaskan bagaimana mengatasi dampak
negative computer ini pada anak usia dini.
5. Jelaskann
persamaan dan perbedaan serta keterkaitannya antara teknologi informasi dan
teknologi komunikasi.
SEMOGA SUKSES
SOAL UJIAN SEMESTER
1. Nama Matakuliah : Dasar-
Dasar Komputer dan Teknologi Informasi
Dan Komunikasi Anak Usia Dini
2. Kode Mata Kuliah : AUD 214
3. Bobot SKS :
2 SKS
4. Program Studi/Program : PGPAUD
5. Semester : I (satu)
6. Dosen
Pengampu :
PETUNJUK SOAL
1. Buatlah
video dalam pelaksanaan praktek pengenalan computer pada anak usia dini
2. Membuat
video dalam melakukan permainan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan
anak.
SEMOGA SUKSES
loading...
0 Komentar
Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya