loading...

MAKALAH KARYA ILMIAH

May 22, 2013
loading...
MAKALAH
KARYA ILMIAH



KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahiim.
Segal puji bagi Allah SWT, Tuhan sekalian alam yang telah menciptakan manusia dari setetes air mani menjadi makhluk yang paling mulia diatas bumi ini.
Shalawat dan salam tetap kami junjungkan kepada baginda Nabi Muhammad Saw yang telah membawa manusia dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang yaitu Agama Islam. Kami bersyukur kepada Illahi Robby yang telah memberikan hidayat serta taufiknya kepada kami sehingga makalah yang berjudul “KARYA ILMIAH” dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat dipahami bagi para mahasiswa, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih.

DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
1. Makalah 3
2. Paper 4
3. Artikel Ilmiah 5
4. Buku 5
a. Modul 5
b. Diktat/buku teks 6
DAFTAR PUSTAKA 9


A. Pengertian Karya Ilmiah
Karya ilmiah pada dasarnya adalah kebenaran ilmiah yang harus disebarluaskan sehingga harus dipublikasikan.
Publikasi karya ilmiah diantaranya adalah sebagi berikut :
a. Atasan atau pimpinan di mana peneliti bertugas. Penyerahan ini merupakan bentuk laporan kegiatan ilmiah.
b. Didokumentasikan dan dipublikasikan di perpustakaan di instansi peneliti kerja.
c. Diterbitkan dalam jurnal ilmiah yang diakui oleh lembaga di mana instansi peneliti bekerja, misalnya Dinas Pendidikan.
d. Diterbitkan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi oleh Pemerintah, misalnya jurnal yang memiliki ISSN dan atau terakreditasi.
e. Dipublikasikan di media masa, baik itu lokal, regional maupun nasional.
f. Dijadikan buku dan diterbitkan oleh percetakan yang mempunyai izin penerbitan.

B. Macam-Macam Karya Ilmiah
Suatu karya tulis ilmiah baru dapat disebut ilmiah bila memenuhi tiga syarat berikut :
1. Isi kajiannya berada pada lingkup pengetahuan ilmiah.
2. Karya tulis tersebut menggunakan metode ilmiah atau cara berpikir ilmiah.
3. Sosok penampilannya sesuai dan telah memenuhi persyaratan sebagai suatu tulisan keilmuan.

Sementara itu, ciri-ciri karya tulis ilmiah adalah :
- Mengikuti metode keilmuan, yaitu gabungan cara berpikir rasional dan empiris (deduktif dan induktif)
- Runtut, sisteamtis dan akurat atau teliti
- Objektif, lugas dan dapat dipercaya
- Dapat dikaji atau diteliti ulang dan dibuktikan
- Terbuka untuk umum
Dalam kegiatan ilmiah, tercerminb adanya proses kerja yang menggunakan metode keilmuan yang ditandai dengan adanya :
a. Argumentasi teoretis yang benar, shahih dan relevan
b. Dukungan fakta empiris
c. Analisis kajian yang mempertautkan antara argumentasi teoretis denfan fakta empiris terhadap permasalahan yang dikaji.

Orang yang melakukan kegiatan ilmiah termasuk guru harus memiliki karakter antara lain :
 Bersikap rasioanl, yakni dapat dibuktikan
 Bersifat jujur, teliti, dan kritis
 Bertindak sistematis, yakni runtut atau teratur
 Terbuka dan tanggap dalam menerima suatu teori, pendapat dan menghargai temuan-temuan orang lain serta terbuka dalam menerima kritik dari orang lain
 Memiliki rasa ingin tahu sehingga mendorong dia untuk terus melakukan kajian tentang suatu kebenaran melalui penelitian
 Tidak mudah puas terhadap suatu temuan atau pekerjaan, di mana hal ini akan mendorong dia untu terus mencari kebenaran dan sesuatu yang lebih baik
 Meyakini dan konsekuen atas netralitas ilmu terhadap nilai dan norma
 Berani mengungkapkan suatu kebenaran atau menyampaikan hasil penelitiannya
 Berpikir objektif atau apa adanya tanpa rekayasa demi kepentingan pribadi atau golongan
 Tidak cepat putus asa dalam menghadapi kendala guna mengungkap suatu kebenaran

Karya tulis harus berorientasi APIK yakni sebagai berikut :
 Asli, artinya karya tulis yang dibuat benar-benar merupakan hasil karya nyata sendiri, bukan hasil jiplakan.
 Perlu, artinya KTI yang dibuat memang perlu atau menarik, untuk menambah khazanah strategi pembelajaran, evaluasi atau pengembangan.
 Ilmiah, artinya kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis.
Rasional artinya, masuk akal ; Empiris artinya, dapat diamati oleh indera manusia ; Sistematis artinya, proses atau langkah-langkahnya bersifat logis.
 Konsisten, artinya tetap mengacu pada kerangka isi yang telah ditentukan yakni, cocok dan sesuai dengan disiplin ilmu yang telah digeluti penulisnya.
Sementara itu, karya tulis ilmiah yang menarik meliputi hal-hal penting diantaranya :
 Mutakhir
 Relevan
 Menyajikan solusi
 Bisa juga mengundang debat
 Ditulis dengan baik (bangun, tata bahasa, ragam, judul yang menarik)
 Proporsional jumlah halamannya

1. Makalah
Makalah merupakan naskah akademik yang sistematis dan utuh yang berupa gari-garis besar (outlines) mengenai suatu masalah tertentu, dan ditulis dengan pendekatan satu atau lebih disiplin keilmuan tertentu, baik itu menguraikan pendapat, gagasan maupun pembahasan dalam rangka pemecahan masalah tersebut. Makalah adalah suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok untuk membahas pokok bahasan tertentu.
Makalah memiliki karakteristik antara lain :
 Merupakan hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan
 Mendemonstrasikan pemahaman tentang suatu permasalahan teoretis yang dikaji atau menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori
 Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang dipergunakan
 Kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh
Jenis makalah ada dua, yakni sebagai berikut :
a. Makalah biasa (common paper). Makalah biasa menunjukkan kemampuan seseorang terhadap permasalahan yang dibahas. Makalah ini biasanya deskriptif. Pembuat makalah akan mengemukakan berbagai teori atau aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji, tetapi tidak memihak pada salah satu teori, aliran atau pandangan dan tidaj pula beragumentasi tentang pandangan, aliran atau pendapat tersebut.
b. Makalah posisi (posision paper). Dalam makalah posisi, penulis menunjukkan posisi teoritisnya dalam suatu kajian. Pada makalah ini penulis tidak hanya mengemukakan penguasaan suatu teori, tetapi juga dipersyaratkan untuk menunjukkan di mana posisinya di antara teori-teori tersebut, disertai dengan berbagai argumentasi, alasan dan teori yang mendukungnya. Dalam makalah posisi penulis sudah melaukan evaluasi, analisis dan sintesis.

2. Paper
Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan para akademis (mahasiswa) dalam kaitan dengan pembelajaran dan pendidikannya.

3. Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah adalah sebutan khusus untuk makalah yang mengalami variasi dan adaptasi tertentu, yang dipublikasikan melalui suatu jurnal ilmiah atau penerbitan khusus, tanpa meninggalkan prinsip dari struktur, format, sistematika dan isi makalah ilmiah.
Format dasar dan umum dari makalah atau artikel adalah sebagai berikut :
a. Judul
b. Pendahuluan/Latar belakang masalah
c. Permasalahan/rumusan masalah
d. Kajian teori
e. Pembahasan
f. Penutup : Kesimpulan dan saran
g. Daftar pustaka

4. Buku
Buku merupakan karya tulis yang dapat berupa modul., buku pelajaran, diktat, maupun karya terjemahan.sebagai karya ilimiah, kerangka sajian isi buku harus memiliki kebenaran ilmiah, menarik dan mudah dipahami oleh pembaca serta bermanfaat untuk memecahkan masalah kehidupan masyarakat dalam arti yang luas.
a. Modul
Menurut Suharjono (1995). Modul merupakan materi yang disusun dan di sajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembaca diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut, dengan tujuan sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa.
Manfaat atau kelebihan modul antara lain : (1) memungkinkan penyajian pembelajaran yang seragam pada kelas besar, tetapi landasan belajar secara individual lebih tinggi; (2) adanya fleksibelitas bagi siswa dan guru untuk pembelajaran unit kecil pelajaran yang dapat disusun dalam suatu format yang beraneka ragam; (3) menyiapkan kebebasan siswa yang maksimal dalam belajar secara independen; (4) menyiapkan partisipasi aktif siswa; (5) bila digunakan secara baik, membebaskan guru mengajar materi yang sama secara berulang-ulang dalam suatu kelas; dan (6) dapat dirancang untuk membangkitkan interaksi antarsiswa dalam belajar.
Kerangka isi modul adalah sebagai berikut :
Pendahuluan :;
Deskripsi singkat materi
Relevansi
Tujuan pembelajaran
Penyajian :
Judul kegiatan belajar
Uraian materi
Latihan
Rangkuman
Penutup :
Tes formatif
Umpan balik dan tindakan lanjut

b. Diktat/buku teks
Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan oleh guru untuk mempermudah atau memperkaya materi mata pelajaran atau bidang studi yang disampaikannya dalam proses pembelajaran.
Beberapa syarat diktat atau buku teks yang baik adalah :
1) Harus mempunyai landasan, prinsip dan sudut pandang tertentu yang menjiwai atau melandasi buku teks tersebut secara keseluruhan.
2) Menggunakan konsep yang jelas sehingga tidak terjadi salah pengertian dan pemahaman dalam menangkap makna konsep tersebut.
3) Relevan dengan kurikulum, terutama apabila buku teks tersebut digunakan untuk kebutuhan sekolah.
4) Menarik minat siswa sebagai pemakai buku teks tersebut.
5) Menumbuhkan motivasi bagi siswa yang menyenangi dan mau mengerjakan apa yang diinstruksikan dalam buku tersebut.
6) Menstimulasi, menantang dan menggairahkan aktivitas siswa.
7) Memiliki ilustrasi yang menarik yang sangat diperlukan guna memberikan daya tarik bagi pembacanya.
8) Komunikatif, yaitu mudah dimengerti dan dipahami oleh pemakainya.
9) Menunjang mata pelajaran yang lain.
10) Menghargai perbedaan individu.
11) Memantapkan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.


KESIMPULAN



Dari hasil pembahasan makalah ini dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah kebenaran ilmiah yang harus disebar luaskan dalam kegiatan ilmiah yang menggunakan metode keilmuan.

DAFTAR PUSTAKA



Depdiknas. 2005. Panduan Materi Pusat Penelitian Pendidikan. Jakarta. November 2005. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan. Dr. Burhanuddin tala.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929