loading...

PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN “REMPEYEK UDANG” MATA KULYAH KEWIRAUSAHAAN

October 18, 2018
loading...
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Makanan merupakan kebutuhan yang wajib ada setiap hari pada setiap manusia, baik orang kaya, tingkat menengah maupun miskin. Nah, ketiga golongan tersebut dalam memakan makanan, tentu akan berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Ada yang hanya makan untuk bersifat wajib, yaitu hanya memenuhi kebutuhannya, ada juga yang setiap hari harus ada makanan untuk memenuhi keinginannya, meskipun kebutuhan pokoknya sudah dipenuhi, dalam hal ini orang-orang menyebutnya “cemilan”, tingkat pembelian cemilan ini juga tergantung pendapatan seseorang.
Dalam perkembangan makanan, mengalami banyak sekali peningkatan yang cukup pesat, beranekaragam makanan yang unik-unik dan lezat, namun tidak bisa dipungkiri juga, terdapat makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dalam proses pembuatan makanan tersebut ada zat-zat berbahaya pada kompisisi makanan tersebut.
Melihat kedua kondisi tersebut, saya ingin menawarkan produk makanan yang mana bisa menjembatani anatara orang kaya, menengah maupun miskin. Karena makanan yang saya tawarkan adalah cocok untuk dijadikan lauk dan juga cocok untuk cemilan. Jadi setiap golongan orang dapat mengonsumsi makanan ini. Jika dilihat dari faktor kesehatan, produk makanan saya sangat bergizi, karena banyak mengandung gizi, yaitu “Rempeyek Udang”. Untuk itu peluang dalam usaha ini sangat bagus. Bisa dilihat dari permintaan masyarakat terhadap produk ini namun kali ini saya membuat daya beda terhadap produk-produk yang sudah ada dipasaran. Menilik perkembangan produk rempeyek,ini juga sebenarnya sudah maju pesat akan tetapi karena keterbatasan modal akhirnya usaha ini hanya berkutat putar balik, artinya keuntungannya hanya untuk modal dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika modal lebih banyak, produksi pun banyak dan dalam masa selanjutnya akan membuka banyak cabang, tentu juga membutuhkan banyak karyawan, yang mana juga dapat bermanfaat orang banyak.
B. Visi
 Menjadikan makanan khas
 Mendongkrak perokonomian mahasiswa (anak kos)

C. Misi
 Menawarkan makanan khas yang memiliki khasiat
 Menjual makanan yang murah, enak dan cocok untuk segala cuaca

D. Tujuan Usaha
Melihat kondisis masyarakat kecil yang dipermainkan dalam konteks perokonomian. Produk makanan ini nanti akan membuat sistem yang saling menguntungkan, yang mana bisa dijadikan acuan oleh daerah.

BAB II
RINGKSAN PRODUK

A. Profil Usaha

Nama : Rempeyek Udang
Jenis Usaha : Makanan Khas
Alamat :
HP :


B. Gambaran Awal Usaha
Produk ini awalnya dimulai dengan modal seadanya, sampai sekarang ternyata perkembangannya cukup pesat, namun keuntungannya hanya putar balik. Nah untuk mengembangkannya diperlukan modal yang cukup besar sehingga bisa lebih kuat untuk menghadapi persaingan.

C. Produk
1. Gambaran Produk
Produk makanan ini menggunakan bahan yang banyak disediakan di pasar, mudah mendapatkan bahan-bahannya dan cukup murah, yaitu “udang”. Udang ini dibuat Rempeyek yang Renyah sehingga cocok untuk situasi apa-pun.
2. Gambaran Persaingan
Pesaing memang tidak dipungkiri tetapi tidak menghambat untuk kepesatan penjualan produk ini, karena jenis produknya sama akan tetapi pembeda yang saya racik pun ada sehingga ada daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk ini.

3. Gambaran Penjualan
Penjualan pada saat ini selain berkutat sekitar tempat itu produk ini sudah didistribusi ke tempat tempat lain, baik di warung kecil, rumh makan dan jga sudah ada di mini market wilayah kota. Adapun rencana ke depan, mencari sales dan menyebarkan produk ini keseluruh ……………, setelah maju, membuat cabang-cabang di kota-kota lain.
BAB III
ANALISIS SWOT

A. Strengt (Kekuatan)
1. Rasanya renyah, gurih dan murah
2. Cocok untuk segala kondisi
3. Cocok untuk cemilan dan lauk


B. Weakness (Kelemahan)

1. Kurangnya modal
2. Kurangnya karyawan
3. Daya tahan hanya satu bulan
4. Bila musim hujan sulita untuk menjemur udangnya

C. Opprtunity (Peluang)
1. Digemari masyarakat
2. Pertama yang membuat di wilayah penjuaan
3. Masyarakat menyukai hal praktis, simple dan mudah didapat

D. Threat (Ancaman)
1. Bahan pokok pembuatan sewaktu-waktu berubah-ubah, sehingga kesulitan menentukan harga
2. Tidak tahan lama “Melempem”









BAB IV
PERENCANAAN KEUANGAN


A. Biaya Tetap
1. Pengering Rempeyek : 5.000.000
2. Alat Pres 5 unit : 5.000.000
3. Kompor Gas 3 unit : 1.200.000
4. Peralatan Masak : 2.500.000
5. Pembuatan Stiker dan banner : 1.00.000
Total : 13.800.000

B. Biaya Variabel Per-hari
1. Plastik 5 barel : 250.000
2. Bawang Merah 5 kg : 1.00.000
3. Bawah Putih 5 kg : 1.00.000
4. Udang Kering 3 kg : 240.000
5. Mrico 2 on : 10.000
6. Ketumbar 5 ons: : 60.000
7. Laos 5 ons : 10.000
8. Kencur 5 ons : 10.000
9. Tempung Beras 5 kg : 90.000
10. Tempung Gandum 30 kg : 90.000
11. Garam dan Micin : 10.000
12. Kemirir 1 kg : 60.000
Total : 805.000

C. Total Biaya
Biaya Tetap + Biaya Variabel
13.800.000 + 805.000 = 14.605.000
D. Daftar Harga
Plastik Kecil = Rp 1.500
Plastik Besar = Rp 4.500
E. Pendapatan
Target penjualan setiap hari adalah 200 per-hari plastik kecil dan 100 untuk plastik besar.
Penadapatan harian untuk plastik kecil : Rp 500 X 200 = Rp 100.000
untuk plastik besar : Rp 750 X 100 = Rp 75.000
Total Pendapatan setiap hari = Rp 100.000+ Rp 75.000 = Rp 175.000
Total keuntungan setiap bulan = 30 X 175.000 = Rp 5.250.000
BAB V
PENUTUP

A. Antispasi Masa Depan
Saya akan terus mengembangkan inovasi tentang rasa, sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, dan akan tetap menerima masukan kritik, saran yang membangun dari konsumen.
B. Kesimpulan
Menurut saya, melihat perkembangan yang saya alami selama satu tahun ini, mengalami perkembangan sangat pesat, melihat pesanana yang terus meningkat setiap hari, itupun baru di di tempat penjualan dan sekitarnya, apalagi nanti disebar di daerah-daerah yang mahal harga udangnya, tentu akan sangat tertarik. Melihat peluang itu, saya yakin usaha ini akan sukses besar.

loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929