loading...

MAKALAH “ASBAB AL-NUZUL”

October 23, 2013
loading...
MAKALAH “ASBAB AL-NUZUL” BAB I A.PENDAHULUAN Qur’an diturunkan untuk memberi petunjuk kepada manusia ke arah tujuan yang terang dan jalan yang lurus dengan menegakkan asas kehidupan yang didasarkan pada keimanan kepada Allah dan risalah-Nya. Juga memberitahukan hal yang telah lalu, kejadian-kejadian yang sekarang serta berita-berita yang akan datang. Sebagian besar Qur’an pada mulanya diturunkan untuk tujuan umum ini, tetapi kehidupan para sahabat bersama Rasulullah telah menyaksikan banyak peristiwa sejarah, bahkan kadang terjadi di antara mereka peristiwa khusus yang memerlukan penjelasan hukum Allah atau masih kabur bagi mereka. Kemudian mereka bertanya kepada Rasulullah untuk mengetahui hukum Islam mengenai hal itu. Maka Qur’an turun untuk peristiwa khusus tadi atau untuk pertanyaan yang muncul itu. Hal seperti itulah yang dinamakan Asbabun Nuzul. Asbabun nuzul merupakan suatu aspek ilmu yang harus diketahui, dikaji dan diteliti oleh para mufassirin atau orang-orang yang ingin memahami Al-Qur’an secara mendalam. Berdasarkan pemahaman para ahli tafsir mengenai pentingnya mempelajari Asbabun Nuzul maka ilmu ini perlu dikembangkan untuk dipahami oleh umat manusia. Bahkan sekarang Asbabun Nuzul telah dijadikan salah satu kajian dalam ‘Ulumul Qur’an. BAB II B.PEMBAHASAN ASBAB AL-NUZUL Ayat-ayat dalam al-Qur`an dapat di kelompok kan dalam dua bagian dilihat dari sebab diturunnya. Sekelompok ayat di runkan tanpa dihubungkan dengan suatu sebab-sebab secara khusus.sekelompok ayat –ayat lain nya diturunkan atau disangkutpaut kan dengan suatu sebab khusus. A. PENGERTIAN ASBAB AL-NUZUL (asbabunnuzul) Al-Qur`an berfungsi sebagai petunjuk dalam menghadapi berbagai situasi. Ayat-ayat tersebut diturunkan dalam keadaan dan waktu yang berda-beda. Kata asbab (tunggal:sebab) berarti alasan atau sebab. Asbab al-nuzul berarti pengetahuan tentang sebab-sebab turunnya suatu ayat . Menurut al-zarqani , asbab al-nuzul adalah”suatu kejadian yang menyebab kan turunnya satu atau beberapa ayat ,atau suatu peristiwa yang dapat dijadikan petunjuk hukum berkenaan turunya suatu ayat” Selain itu definisi asbab al-nuzul Sesuatu yang dengan sebabnyalah turun sesuatu ayat atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu atau memberi jawaban tentang sebab itu yang menerangkan hukum nya. Pada terjadinya peristiwa itu . Asbab al-nuzul adalah peristiwa atau pertanyaan yang terjadi yang disusul turunnya ayat membicarakan peristiwa- peristiwa tersebut. Jika peristiwa itu berupa pertanyaan maka ayat yang turun memberi jawaban, jika berbentuk kasus hukum, maka ayat yang turun merupakan penjelasan mengenai status hukumnya, dan jika peristiwa merupakan satu bentuk kekeliruan maka ayat yang turun boleh jadi merupakan teguran atau pembetulan. Peristiwa masa lampau yang terjadi sebelum masa Nabi seperti kisah para nabi yang diceritakan al-Qur’an tidak termasuk asbab al-nuzul. Tragedi ditenggelamkannya ummat Nabi Nuh as, atau ‘drama’ antara Nabi Yusuf dan Zulaikha bukan asbab al-nuzul bagi ayat-ayat yang menceritakannya. Rumusan defenisi yang diberikan oleh para ulama dalam hal ini seringkali menyebutkan frase waqta wuquuihi (pada waktu terjadinya) untuk menunjukkan bahwa antara peristiwa dan turunnya ayat terdapat korelasi waktu yang erat. Namun harus ditegaskan bahwa asbab an-nuzul merupakan term khusus dalam ulum al-Qur’an. Term tersebut tidak sama dengan ‘sebab’ yang dikenal dalam hukum kausalitas atau teori logika yang menempatkan akibat karena adanya sebab. Al-Qur’an dengan seluruh ayatnya merupakan kesatuan yang utuh sejak zaman azali yang diperuntukkan sebagai petunjuk bagi manusia sehingga dengan atau tanpa sebab ia mesti sampai kepada manusia. Karena itu, sebagian ayat turun karena kasus khusus yang menjadi sebab (sababiy) dan sebagian tanpa kasus khusus yang menjadi sebab (ibtidaiy), kelompok kedua ini lebih besar dari kelompok pertama. Kasus yang termasuk asbab al-nuzul cukup beragam, antara lain penentangan yang dilakukan oleh opposan Nabi, tanggapan atas sebuah peristiwa khusus, pertanyaan- pertanyaan yang diajukan kepada Nabi, pertanyaan yang hadir dalam hati nabi sendiri, pertanyaan yang diajukan oleh para sahabat mengenai tradisi yang berjalan pada saat itu, dan kekeliruan atau kekhilafan. Pengetahuan mengenai asbab al-nuzul merupakan hal penting untuk memahami ayat-ayat al-Qur’an Unsur-unsur yang penting diketahui perihal asbab al-nuzul ialah adanya satu atau beberapa kasus yang menyebabkan turunnya satu atau beberapa ayat, dan ayat-ayat itu dimaksusdkan untuk memberikan penjelasan terhadap kasus itu. Jadi ada beberapa unsur yang tidak boleh di abaikan dalam analisa asbab al-nuzul ,yaitu adanya suatu kasus atau peristiwa,adanya pelaku peristiwa, ada tempat peristiwa dan ada waktu peristiwa. Kaulitas peristiwa pelu diidentifikasi dengan cermat guna menerapkan ayat-ayat itu pada kasus lain ditempat berbeda. Sebenarnya yang disebut dengan asbab al-nuzul adalah hal-hal yang menyebab kan turunya ayat-ayat al-qur`an , pada dasar nya semua ayat al-qur`an mempunyai asbab al-nuzul , tujuan utama al-qur`an adalah hendak mentranspormasikan uamat nabi muhammad dari situasi yang buruk kesituasi yang lebih baik. Kondisi peristiwa yang buruk itulah yang menjadi sebab ayat-ayat al -qur`an diturunkan. B. JENIS-JENIS ASBAB AL-ANUZUL Berdasarkan rumusan diatas bahwa sebab-sebab nuzul adakalanya berbetuk peristiwa dan adakalanya berbentuk pertanyaan. Suatu ayat atau beberapa ayat dinuzulkan untuk menerangkan hal yang berhubungan dengan peristiwa tertentu atau memberi jawaban terhadap pertayaan tertentu . Riwayat –riwayat asbab al-nuzul dapat digolongkan dalam dua kategori ,yaitu riwayat-riwayat yang pasti dan tegas dan riwayat-riwayat yang tidak pasti. Mengenai jenis-jenis asbab al-nuzul dapat dikategorikan kedalam beberapa bentuk sebagai berikut: 1. Sebagai tanggapan atas suatu peristiwa umum Bentuk sebab turunya ayat sebagai tanggapan terhadap suatu peristiwa, misalnya ibnu `abbas bahwa rasulullah pernah ke al-bathha,dan ketika turun dari gunung beliau berseru : “wahai para sahabat , berkumpullah ” ketika melihat orang – orang quraisi yang juga ikut mengelilingi nya, maka beliau bersabda: “apakah engkau akan peercaya , apabila aku kata kan bahwa musuh tengah mengancam di balik punggung gunung dan mereka siap menyerang,entah dipagi hari atu pun di petang hari ” mereka menjawab “ ya, kami percaya ya rasullah” kemudian nabi melanjutkan “dan aku akan jelaskan padamu tentang beberapa hukuman” maka abu lahab berkata “ apakah hanya masalah seperti ini engkau mengumpulkan kami wahai muhammad” maka kemudian allah menurunkan Q.s al-lahab/111 “binasalah kedua tangan abu lahab dan sesungguhnya dia akan binasa .tidak lah berpaedah kepadanya harta benda nya dan apa yang dia usaha kan .kelak dia akan masuk kedalam api yang bergejolak. Dan(bagitu pula istri nya)” pembawa kayu bakar yang dileleh kan dari tali sabut. 2. tanggapan terhadap suatu peristiwa khusus contoh sebab turunnya ayat sebagai tanggapan atas suatu peristiwa ialah turunnya surah al-baqarah : 158 yang artinya: sesungguhnya safa dan marwah adalah bagian dari syair-syair allah.barang siapa yang beribadah haji kebaitullah.maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa`i diantara kedua nya. Ayat ini turun karena urwah ibn zubair mengalami kesulitan dalam hukum fardu sa`i antara safa dan marwah. 3. Sebagai jawaban pertanyaan kepada nabi Asbab al-nuzul lain nya ada dalam bentuk pertanyaan kepada rasullah, seperti turun nya Q.s an-nisa 4:11 YANG ATRINYA: Allah mensyariat kan bagimu (pembagian pusaka untuk) anak-anakn mu yaitu sebagian anak laki-laki sama dengan dua bagian anak perempuan.dan jika semuanya perempuan lebih dari dua maka bagi mereka dua pertiga dari harta yabg di tinggalkan. Ayat tersebut turun untuk memberikan jawaban secara tuntas terhadap pertanyaan jabir kepada nabi,tentang hatra warisan 4. Sebagai jawaban dari pertanyaan nabi Contoh nya adalah turunnya surah maryam/ 19:64,sebagai jawaban dari pertanyaan rosul Sebagai mana diriwayatkan ibn abbas bahwa rosulullah bertanya pada malaikat jibril “apa yang menghalangi mu sehangga jarang-jarang muncul ketimbang masa-masa sebelumnya.” 5. Sebagai tanggapan terhadap pertanyaan yang bersifat umum Salah satu contoh ; Diriwayatkan oleh tsabit dari anas bahwa dikalangan yahudi , apabila wanita mereka sedang haid ,mereka tidak makan bersama wanita tersebut,atau juga tidak tinggal serumah. 6. Sebagai tanggapan terhadap orang-orang tertentu Ka`b ibn ujrah meriwayat kan bahwa ayat yang pernah turun itu tentang haji dan umrah, jika seseorang merasa sakit dan ada gangguan dikepala,maka diberi kemudahan baginya.ka`b sendiri merasa ada masalah dengan kutu-kutu dikepalanyalalu disampaikan kepada nabi dan nabi menjawab”cukurlah rambutmu dan gantikanlah dengan berpuasa tiga hari, atau menyembelih hewan kurban,atau memberi makan 6 orang miskin”. 7. Beberapa sebab tapi satu whyu Contoh ayat yang diturun kan adalah Qs. Al-ikhlash/112 Yang artinya:dialah allah yang maha esa .allah adalah tuhan yang bergantung kepa-NYA segala sesuatu. Ayat diatas turun sebagai tanggapan terhadap orang-orang musyrik. 8. Bebrapa wahyu tapi stu sebab Ayat yang diturunkan untuk menjawab pertanyaan dari ummu salamah ,yakni mengapa laki-laki sja yang sebut dalam al-qur`a Yang artinya: Sungguh, tiada kusia-siakan amal siapapun diantara kamu,baik laki-laki maupun perempuan karena sebagian kamu adalah sebagian dari yang lain C. OGENSI DAN KEGUNAAN ORGENSI a. Membantu dalam memahami sekaligus mengatasi ketidakpastian dalam menangkap pesan ayat-ayat al-Qur’an, seperti pada surah Al Baqarah ayat 15, dinyatakan bahwa timur dan barat merupakan kepunyaan Allah. Dalam kasus sholat, dengan melihat dzohirnya ayat diatas, maka seakan-akan sesearang bebas menghadap kemana saja sesuai kehendak hati mereka. Namun setelah melihat asbabun nuzul dari ayat tersebut, tahapan interpretasi tersebut keliru. Sebab ayat diatas berkaitan tentang seseorang yang sedang melakukan sholat dalam perjalanan diatas kendaraan, atau berkaitan dengan orang yang berijtihad dalam menentukan arah kiblat. b. Mengatasi keraguan ayat yang diduga mengandung pengertian umum. Seperti dalam surat Al-An’am[6] ayat 145 dikatakan: Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaKu, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi - karena Sesungguhnya semua itu kotor - atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.”(QS. Al-an’am:145) Menurut Asy-Syafi’I’ pesan ayat diatas tidak bersifat umum (hasr). Untuk mengatasi kemungkinan adanya keraguan dalam memahami ayat diatas, Asy-Syafi’i menggunakan alat bantu Asbabunnuzul, menurutnya ayat ini diturunkan manganai orang-orang kafir yang tidak mau memakan sesuatu, keculi terhadap apa yang mareka halalkan sendiri, mereka menghalalkan apa yang telah diharamkan Allah dan mengharamkan apa yang telah Allah halalkan maka turunlah ayat ini. c. Mengkhususkan hukum yang terkandung dalam ayat al-Qur’an, d. Mengidentifikasi pelaku yang menyebabkan al-Qu’an turun. Umpamanya ‘aisyah pernah menjernihkan kekeliruan Marwan yang menunjuk Abd Rahman Ibn Abu Bakar sebagai orang yang menyebabkan turunya ayat:”Dan orang yang mangatakan kepada orang tuanya “cis, kumu berdua…”(Q.S. Al-Ahqaf: 17). Untuk meluruskan persoalan,’aisyah berkata kepada Marwan; Demi Allah bukan dia yang menyebabkan ayat itu turun. Dan aku sanggup untuk menyebutkan siapa yayang sebenarnya.” e. Memudahkan untuk menghapal dan memahami ayat, serta untuk memantapkan wahyu wahyu ke dalam hati yang mendengarkannya. Sebab hubungan sebab-akibat (musabbab), hukum, peristiwa dan pelaku,masa dan tempat merupakan satu jalinan yang mengikat hati. KEGUNAAN ASBAB AL-NUZUL bahwa pengetahuan tentang asbab al nuzul akan membantu seseorang memahami konteks diturunkannya sebuah ayat suci. Konteks itu akan memberi penjelasan tentang implikasi sebuah ayat, dan memberi bahan penafsiran dan pemikiran tentang bagaimana mengaplikasikan ayat tersebut dalam situasi yang berbeda. Sumber pengetahuan tentang asbab al nuzul diperoleh dari penuturan para sahabat nabi. Nilai berita itu sendiri sama dengan nilai berita-berita lain yang menyangkut persoalan kuat dan lemah, sahih dan dhaif serta otentik dan palsunya berita itu Secara lebih terperinci para ulama menyebutkan manfaat dari Asbab Al-Nuzul adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui berbagai hikmah yang terkandung dalam pemberlakuan sesuatu hukum. 2. Menjelas Al Hasr (pembatasan) yang terdapat dalam suatu ayat dengan melihat konteks turunnya. 3. Memudahkan pemahaman dan menguatkan ingatan terhadap kandungan wahyu yang diketahui sebab – sebab terjadinya. BAB III PENUTUP Mempelajari asbab an-nuzul sangat penting bagi yang ingin mengkaji ilmu tafsir, bahkan sebuah kewajiban bagi ahli tafsir. Cara mengetahui asbab an-nuzul pertama, dengan riwayat yang shahih, yakni riwayat yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh para ahli hadits. Kedua, menggunakan lafadh fa at-ta’qibiyah bermakna maka atau kemudian. Ketiga, dipahami dari konteks yang jelas. Keempat, tidak disebutkan secara tegas terhadap redaksi. Ada ulama yang berpendapat sebagai penjelasan tentang hukum. Metode penelitian dan pentarjihan asbab an-nuzul harus dilakukan penelitian terhadap riwayatnya, karena ada dua kategori dalam sebab penurunannya. Pertama, banyak turun ayat pada satu peristiwa, sedangkan yang kedua, banyak terjadi peristiwa pada satu ayat yang turun. Kedudukan asbab an-nuzul dalam pemahaman Al-Qur’an sangat membantu dalam memahami Al-Qur’an, apabila tidak niscaya banyak kekeliruannya. Kebanyakan ulama untuk menjadikan pedoman hukum lebih sepakat pada “umum lafadh” daripada “khusus sebab”, karena mempunyai tiga macam dalil yaitu: pertama, lafadh syar’I saja yang menjadikan hujjah dan dalil. Kedua, kaidah tersebut ditanggungkan kepada makna selama tidak ada pemalingannya dari makna tersebut. Ketiga, para sahabat dan mujtahid kebanyakan tanpa memerlukan qias atau mencari dalil apabila berhujjah dengan lafadh yang umum dari sebab yang khusus. DAFTAR PUSTAKA Shihab Quraish, sejarah dan ulumul Qur’an, Jakarta : 2001
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929