loading...

Metodologi Penelitian Pendidikan

April 10, 2017
loading...
A. Judul
Peran Orang Tua Dalam Mengasuh Anak
(Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Pada Anak di Rt 03, Kec. Alam barajo, Kel. Bagan pete, Jambi).
B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah Sosiologi Keluarga.
C. Latar Belakang Masalah
Hubungan terkecil dari suatu masyarakat yang memiliki suatu keterkaitan satu sama lain, biasa disebut dengan keluarga. Keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Pengertian dari keluarga sendiri merupakan kesatuan dari orang-orang yang berinteraksi dan berkomunikasi yang menciptakan peranan-peranan sosial bagi sang suami dan istri, putra dan putri, saudara laki-laki dan saudara perempuan.
Peran sosial dalam setiap keluarga berbeda-beda, salah satunya peran orang tua dalam mengasuh anaknya yang menjadi tanggung jawab terpenting bagi perkembangan sikap dan mental anak dengan cara merawat dan membimbing anak dengan baik dan penuh perhatian. Sebab, orang tua merupakan sosok yang pertama kali dikenal oleh anak dan orang tua memberikan tanggapan atas apa yang dilakukan oleh anak mengenai sisi positif dan negatif.
Kenyataan sekarang ini orang tua cenderung menggunakan pola asuh permisif yang memberikan kebebasan sepenuhnya kepada anak atau istilah yang biasa disebut dengan “dimanja”. Orang tua biasanya menuruti semua keinginan anak, apalagi dalam lingkup perkotaan yang kehidupannya dipengaruhi oleh perkembangan jaman. Orang tua beranggapan bahwa dengan uang yang dimilikinya dapat memanjakan dan memberikan segala kebutuhan anaknya. Padahal dengan mereka sibuk bekerja, anak mereka secara tidak langsung kekurangan kasih sayang, perhatian dan waktu bersama orang tua. Sehingga dengan sibuknya orang tua bekerja maka peran orang tua terhadap anaknya terabaikan, mereka sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing bahkan komunikasi diantara mereka cenderung renggang. Hal ini membuat tindakan kasih sayang orang tua kepada anaknya berkurang dan bahkan untuk saling memahami satu sama lain sangat sulit untuk dilakukan.
Ada beberapa kasus mengenai kenakalan remaja akibat dari salah mendidik atau salah pola asuh orang tua. Kenakalah remaja adalah perilaku menyimpang atau melanggar hukum sehingga mengganggu ketertiban dan ketengan hidup di masyarakat. Kenakalan remaja yang biasa ditemukan bermacam-macam seperti dari kenakalan ringan seperti membolos sekolah, melanggar peraturan-peraturan sekolah, melanggar peraturan yang orang tua berikan, hingga kenakalan berat seperti tawuran, merokok, minum-minuman keras, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan seks bebas.
Contoh kasus lainnya adalah mengkonsumsi obat – obatan terlarang / narkoba dan perkelahian antar pelajar seperti yang dijelaskan bahwa dari 15.000 kasus narkoba selamadua tahun terakhir, 46 % di antaranya dilakukan oleh remaja. Sangat mungkin kiranya jika kenakalan tersebut dilakukan karna kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tuannya atau mungkin remaja tersebut telah di didik sedemikian keras sehingga anak tersebut menjadi membangkang karena terlalu dikekang.
Dari kasus-kasus kenakalan remaja yang terjadi tersebut yang timbul dari kelalaian orang tua dalam mengasuh dan mendidik tersebut kami tertarik untuk melakukan penelitian terhadap masalah tersebut. Kami tertarik untuk meneliti tentang seperti apa pola asuh yang diberikan oleh orang tua pada anak di suatu perumahan. Sehingga, penelitian ini kami beri judul dengan “Peran Orang Tua dalam Mengasuh Anak (Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua pada Anak di Rt 03, Kec. Alam barajo, Kel. Bagan pete, Jambi.)”
D. Rumusan Masalah
1. Bagaimana peran orang tua dalam mengasuh anak di Rt 03, Kec. Alam barajo, Kel. Bagan pete, Jambi?
2. Bagaimana pola asuh orang tua pada anak di Rt 03, Kec. Alam barajo, Kel. Bagan pete, Jambi?
E. Tujuan Penelitian
1. Untuk Mengetahui peran orang tua dalam mengasuh anak di Rt 03, Kec. Alam barajo, Kel. Bagan pete, Jambi.
2. Untuk Mengetahui pola asuh orang tua pada anak di Rt 03, Kec. Alam barajo, Kel. Bagan pete, Jambi.
F. Manfaat Penelitian
1. Manfaat
Penelitian ini diharapkan dapat menyumbang suatu manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya pada Sosiologi keluarga dalam meningkatkan analisis pembaca mengenai peran orang tua dalam mengasuh anak. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah referensi terhadap disiplin ilmu terkait yaitu Sosiologi yang mengkaji kehidupan sosial manusia, dan memperluas ilmu pengetahuan mengenai peran dan pola asuh orang tua dalam mengasuh anak.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sebuah informasi dan masukan bagi masyarakat pada umumnya, khususnya pada orang tua yang memiliki peran dalam mengasuh dan mendidik anak, serta memotivasi kepada orang tua agar menjalankan peranannya dengan baik.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929