loading...

Psikologi Perkembangan

September 17, 2013
loading...
Psikologi Perkembangan Mungkin model yang dominant dalam psikologi perkembangan berasl dari berbagai interpretasi kongnitip.meskipun pendekatan –pendekatan lain diakui dan di terima,pendekatan kongnitiflah yang berkaitan eratdengan perkembangan bahasa ,yangnenbentuk arah penelitian perkembangan.Tokoh dominant dalam bidangini adalah jean piaget(1896-1980).setelah meraihgelar doctor dalam bidang zoology pada usia 22tahun,piaget mengawali karier yang berpusat pada pertanyaan tentang bagaimanamanusia belajar.Ia menganggap diri sebagai filsup yang dipenuhi pemikiran tentangisu pembelajaran,sebagai mana di tunjukan dengan jelas dalam karyanya di kemudian hari tentang epistemology dan logika.Metode penelitianya tidak ortodoks bila di bandingkan dengan standarempirisme kontenporer.Mwmangteori,teori perkembangan kongnitipnya sebagian besar didasarkan atas pengamatan-pengamatanya terhadap anak-anaknya.Meskipun demikian pengaruh piagetsangat besar dan reputasinya setingkatdengan freud dalam hal kontribusi indipidual bagi psikologi selama abat ke 20. Piagetberpendapat sekuen perkembangan tersebut terjadi pada setiap anak seperti berikut: 1.periode sensorimotorik : Tahap ini merupakan tahap nonverbal dan mencakuppengalaman-pengalaman pertama anak dalam hungan dengan lingkungan,yang terinternalisasi makna,maksud,keusalitasdan nilai simbolik. 2.periode praoprasional: Dalam pase inianak menguasai bahasa dan mempelajari hubungan waktu,masa lalu dan masa depan ,serta masa kini. 3.periode operasi kongkret: Pada tahap ini,anak menyerap konsep-konsep absrak yang tercermin dalam hubungan kualitatip dan kuantitatip yang kompleks. 4.periodo operasi formal: Pada paseakhirperkembangan entelektual inianak mengusai pemahaman. Perkembangan terhadap rentang kehidupan Psikologi perkembangan tradisional mempukuskan padapengalaman di usia dini,mungkin karena kebutuha untuk mendidik dan mensosialisasi anak-anak merupakan kebutuhan nyata dan mendasar.petekanana tersebtut secara histories di kuatkan oleh berbagai kerangka teorotis yang memandang masa kanak-kanak sebagai periode di mana berbagai diterminan penting berlaku di masa dewasa di pelajari.berbagai sistam yangberagam seperti behapiorisme dan psikoanalisis menyatakan,karena alas an yang berbeda,penting nyapengalaman-pengalamna di masa perkembangan awal dan efeknya yang besar terhadap pematangan selanjutnya.tanpa mengabaikan atau menihilkan perkembangan awal,psikologi perkembangan sepanjang rentang kehidupan baru-baru ini berupaya untuk mengambarkan dan menjelaskan perkembangan sebagai proses berkeninambungan dan komprehensip dari pembuahan hingga kematian.salah satu produk samping penting dari penelitian yang lebih seimbang tentang perkembangan sepanjang rentang kehidupan ini berkaitan dengan minat dewasa ini dalam etudi tentang penuaan,sebuah topik yang telah lama diabaikan dalam penelitian psikologi. Dengan konseptualisasi perkembangan sepanjang rentang kehidupan,berbagai interpretasi mengajukan sesuatu sekuens pluralistic perkembangan yang menghasilkan periodo-periode perkembangan pentingsepanjang rentang kehidupan.periode penting ini cendrung menggeneralisasi efek-efeknya seluruh periode umur.dengan kata lain,fungsi-fungsi perkembangan berbagai perubahan perilaku sepesifik,seperti menguasaan bahasa,perubahan psikologi dan biologis dan masa remaja,dan keputusan karier di masa dewasa,dapatmemiliki polah perubahan perilaku yang berbeda.gambaran perkembangan yang cukup rumit ini telah menuntun pada stidi tantang profil berbagaai pengaruh sepanjang hidup yang diakibatkan oleh perubahan–perubahan prilaku.profil-profil tersebut pada giliranyan,tidak hanya dirancang untuk menunjukan perkeembangan indipidual,namun juga bagai man pola-pola perkenbangan gerintraksi dangan determinan biologis,lingkungan bersosial.penelelitian dalam perkembngan sepanjang rentang kehidupan mencakup penelitian tetang berbagai isu sepeti perkembagan social,susunan keluarga kepribadian,serta pembelajaran dan memori. Bagian psikologi Adapun di dalam psikologi yangbersipat empirik ada yang khusus dan ada yang umum. 1.psikologi umum yang menyelidiki aktipitas-aktipitas psikis manusia pada umumnya yang kemudian dapat menjadi suatu teori psikologi. 2.psikologi khusus yakni psikologi yang menyelidiki dan mempelajari segi-segi ke khususan. Dalam psikologi khusus ini ada bermacam-macam diantaranya sebagi brikut: -psikologi perkembagan ataujugadi sebut psikologi genetik yang mencakup antara lain psikologi anak,remaja dan orang tua. ALIRAN-ALIRAN DALAM PSIKOLOGI 1.ALIRAN SUBYEKTIVISME Aliran subyektivisme adalah aliran yang menyatakan bahwa individulah yang membentuk masyarakat dalam segala tingkah laku nya,maksudnya jika indipidu baik,masyarakat pun akan jadi baik karena masyarakat itu tidak lain dari pada kumpulan individu dan tiap-tiap andipidu mempunyai sifat-sifat dan pontnsi sendiri yangdi nyatakan dalam tingkah lakunya.aliran ini terbagi dua yakni: a.susyektivisme zaman antik,yang di pelopori oleh antara lain:plato,aristoteles,meng tze. b.subyektivisme bentuk modern yang di pelopori oleh Thomas hobbes,john stuart mill dan Gabriel tarde. 2.ALIRAN OBYEKTIVISME KAlau aliran subyektivisme mengajarkan bahwa indipidu menentukan masyarakat,sebaliknya Aliran ini mengajarkan bahwa masyarakatlah yang menentukan indipidu.jadi menurut subyektivisme factor sosiologislah yang menentukan bukan factor psikologis. Baik subyektipvisme maupun obyektivisme sebenarnya sudah ada pada zaman tiongkok kuno bahkan berkembang bersama-sama pada zaman yang sama. METODE –METODE DALAM PSIKOLOGI Ada dua bentuk latihan atau metode yang pernah di gunakan bagi studi tentang persepsi.antara lain: 1.metode conditioned-reflex Metode ini telah di kembangkan oleh seorang ahli psisiologis ternama bangsa risia yang bernama Pavlov metode ini di gunakan secara meluas sebagai suatu alat riset yang berkenaan dengan barbagaiaspek tingkah laku 2.metode discrimination Metode ini diterapkan mengetahui kemampuan untuk mengatahui kemampuan untuk membuat piihan. DAFTAR PUSTAKA 1.JUDULBUKU:PSIKOLOGI KARANGAN Drs.Andi Mappiare ,cetakan kelima tahun 1968 2.judul buku psikologi social karangan Drs.H.Abu Ahmadi,dkk cetakan ke dua tahun 2002 3.judul buku sejarah dan system psikologi,karangan JAMES F.BRENNAN
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929