loading...

MAKALAH BAHASA INDONESIA TENTANG MAKALAH

November 19, 2017
loading...
KATA PENGANTAR
Puji syukur tim penulis sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya lah kami diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada ............................... karena berkat beliau lah kami mendapat bimbingan selama menyelesaikan makalah ini.
Tim penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini, jadi kami mengharapkan kepada pembaca untuk dapat memberikan kritik yang dapat membangun, agar kedepannya kami dapat membuat makalah dengan lebih baik lagi.
Dan harapan kami, semoga makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca. Akhir kata wassalamualaikum.



TIM PENULIS



DAFTAR ISI

BAB I (PENDAHULUAN)
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 2
C. Tujuan Makalah 2

BAB II (PEMBAHASAN)
A. Pengertian Makalah 3
B. Hal-hal yang Diperhatikan dalam Menulis Makalah 4
C. Langkah-langkah Penulisan Makalah 5
D. Sistematika Makalah 6

BAB III (PENUTUP)
A. Kesimpulan 10
B. Saran 10
C. Daftar Pustaka 11


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Makalah adalah karya tulis yang ditulis dengan tujuan utama untuk didiskusikan lebih lanjut. Sebagai karya ilmiah, secara umum ciri-ciri makalah sama seperti halnya karya ilmiah yang lain (seperti artikel, skripsi, tesis, dan disertasi). Di era kemajuan teknologi pada zaman sekarang ini, banyak perguruan tinggi yang menggunakan sistem diskusi pada setiap mata kuliahnya.
Dengan makalah juga, kita dapat mengetahui apa saja informasi dari makalah tersebut, dengan mendapat informasi juga kita dapat banyak mengenal hal-hal yang baru. Makalah dapat menyelesaikan masalah yang dibahas didalamnya secara bersama-sama, dengan sistem diskusi seperti ini, kita juga dapat bertukar pikiran atau beradu argumen dengan teman untuk sama-sama menyelesaikan masalah dalam makalah tersebut.
Sebelum membuat makalah ini, terlebih dahulu tim penulis tentu memilih buku referensi yang akan diresume. Tim penulis kali ini memilih buku “BAHASA INDONESIA KEILMUAN CIPTAAN M. ZUBAD NURUL YAQIN”.Menurut tim penulis, buku ini yang paling menarik untuk dibaca dan dipahami.


B. Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas pada makalah ini yaitu :
1. Apa yang dimaksud dengan makalah?
2. Apa saja jenis-jenis makalah?
3. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan makalah?
4. Bagaimana langkah-langkah penulisan makalah?
5. Apa saja sistematika dalam makalah?


C. Tujuan Makalah
Adapun tujuan dari resume ini adalah:
1. Untuk mendapatkan nilai psikomotor Bahasa Indonesia
2. Melatih siswa-siswi dalam pembuatan resume atau skripsi pada tingkat yang lebih tinggi
3. Menambah wawasan tentang pengetahuan energi, cahaya, dan bunyi
4. Agar siswa-siswi gemar membaca buku, meskipun hanya satu buku yang dibaca, karena itu merupakan awal yang bagus.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Makalah
Makalah merupakan karya tulis yang ditulis dengan tujuan utama untuk didiskusikan lebih lanjut. Meurut Parera (2005:35), makalah adalah sebuah tulisan yang memerlukan studi (pengkajian) lebih lanjut, baik secara langsung ataupun tidak langsung.
Sebagai karya ilmiah, secara umum ciri-ciri makalah sama seperti halnya karya ilmiah yang lain (seperti artikel, skripsi, tesis, dan disertasi). Persamaan yang menonjol adalah terletak pada sifat keilmiahannya, yakni : bersifat objektif (tidak memihak pada satu hal), berdasarkan fakta, sistematis, logis, dan ciri-ciri keilmiahan lainnya.
Berdasarkan sifat dan jenis penalaran yang digunakan, makalah dapat dibagi menjadi 3 macam yakni: makalah deduktif, makalah induktif, dan makalah campuran. Makalah deduktif adalah makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoritis ( pustaka) yang relevan dengan masalah yang dibahas. Makalah induktif adalah makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas. Sedangkan makalah campuran adalah makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoritis digabungkan dengan data empiris yang relevan dengan masalah yang dibahas.

Selanjutnya berdasarkan jumlah halaman, makalah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: makalah panjang (lebih dari 20 halaman) dan makalah pendek (kurang dari 20 halaman). Makalah panjang terdiri dari 3 bagian, yakni: bagian awal, bagian inti, dan bagian penutup. Bagian awal berisi halaman sampul, daftar isi, serta daftar tabel dan gambar (jika ada), bagian inti berisi pendahuluan (latar belakang, topik bahasan, dan tujuan penulisan makalah, teks utama, dan penutup). Adapun bagian akhir berisi daftar rujukan dan lampiran (jika ada).
B. Hal-hal Perlu Diperhatikan dalam Menulis Makalah
Banyak yang perlu diperhatikan dalam menulis makalah, jika tidak benar dalam penyusunannya maka makalah yang kita buat, tidak akan sempurna, berikut apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis makalah :
1) Judul harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menimbulkan minat baca bagi pembaca (orisinil, mencerminkan isi, dapat mengundang rasa ingin tahu, jelas, ringkas, dan padat). Judul makalah dapat dibuat sebelum, saat, atau sesudah tulisan utuh diselesaikan.
2) Pembahasan makalah harus diuraikan secara lugas, logis, objektif, cermat, serta jelas dan padat.
3) Topik yang diangkat, hendaknya berupa topik yang dapat didiskusikan lebih lanjut.
4) Ditulis dengan mengikuti format yang berlaku (kertas kuarto atau A4, menggunakan jenis huruf standar seperti Times New Roman atau yang sejenis, dan sebagainya.
5) Tidak ada halaman yang kosong, kecuali akhir bab.
6) Mempersiapkan bahan-bahan pendukung (kamus, buku, kliping, dan sebagainya).
7) Memilih situasi yang mendukung agar makalah dapat selesai tepat waktu.
8) Agar gagasan yang disampaikan di dalam makalah dapat dipahami dengan baik oleh pembaca, hendaknya ditulis dengan menggunakan bahasa yang ringkas, lugas, jelas, dan tidak berbelit-belit.

C. Langkah-langkah Penulisan Makalah
Secara garis besar, langkah-langkah penulisan makalah sama seperti langkah-langkah penulisan karya ilmiah yang lainnya, yakni:
1) Menentukan Topik.Agar makalah yang kita tulis mendapat respon yang positif, akan lebih baik apabila dipilih topik yang memang sedang menjadi perbincangan umum. Jangan memilih topik yang sudah kadaluarsa. Selain itu, topik yang dipilih hendaknya berupa topik yang masih memberi peluang untuk dikaji atau didiskusikan lebih lanjut.

2) Membuat kerangka karangan secara umum dari topik yang ditentukan.Kerangka karangan berfungsi membatasi permasalahan, sehingga permasalahan tidak meluas. Kegiatan ini berakhir dengan ditemukannya masalah yang akan menjadi fokus tulisan.
3) Mengumpulkan data-data yang berhubunngan dengan fokus masalah.hal ini diperlukan agar tulisan menjadi semakin berkualitas, matang, dan meyakinkan.
4) Mengembangkan kerangka karangan menjadi tulisan utuh, tentunya dengan mengacu pada fokus masalah yang ada.
5) Meninjau ulang makalah yang sudah ditulis agar terhindar dari berbagai kesalahan.
6) Mendiskusikan makalah yang telah ditulis tersebut.
7) Menyempurnakan makalah dengan memperhatikan berbagai masukan dari hasil diskusi.

D. Sistematika Makalah
1) Makalah Panjang
a. Bagian awal :
 Halaman sampul
 Kata pengantar
 Daftar isi
 Daftar tabel dan gambar
b. Bagian inti :
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan
3.2 Saran
c. Bagian akhir :
 Daftar rujukan
 Lampiran (jika ada)
2) Makalah Pendek
a. Bagian awal:
 Halaman sampul
 Daftar tabel dan gambar
b. Bagian inti :
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan
3.2 Saran
c. Bagian akhir :
 Daftar rujukan
 Lampiran
Catatan Penting :
 Halaman sampul untuk makalah yang dibuat atas nama lembaga, didalamnya memuat judul, tujuan ditulisnya makalah, nama penulis, logo dan nama lembaga, serta bulan dan tahun dibuatnya makalah. Adapun halaman sampul untuk makalah yang dibuat atas nama pribadi, didalamnya memuat judul, tujuan ditulisnya makalah, nama penulis, serta bulan dan tahun.
 Ketentuan penulisan bagian-bagian yang dimuat pada halaman sampul
a) masing-masing bagian diketik dengan menggunakan format rata tengah (center).
b) judul diketik dengan menggunakan ukuran huruf lebih besar, dicetak menggunakan huruf kapital semua, dan tebal.
c) tujuan penulisan makalah, nama penulis, tempat, tanggal, serta tahun dibuatnya makalah diketik dengan menggunakan huruf “besar-kecil” pada setiap suku kata.
d) halaman sampul tidak diberi bingkai atau gambar-gambar lainnya.
 Kata pengantar (berisi uraian yang belum mengarah pada inti makalah, seperti : ucapan terimakasih, kendala-kendala yang dihadapi sehubungan dengan penyusunan makalah, dan sebagainya)
 Daftar isi (fungsinya adalah untuk membuat pembaca agar lebih mudah mencar bagian-bagian yang terdapat didalam makalah)
 Bagian latar belakang berisi alasan-alasan (baik teoritis maupun praktis) pentingnya ditulis makalah. Bagian ini mengantarkan pembaca untuk mengetahui topik (masalah utama) yang akan dibahas dalam makalah
 Bagian rumusan masalah berisi masalah-masalah yang akan dibahas di dalam makalah. Bagian ini berhubungan dengan latar belakang. Umumnya, rumusan masalah diuraikan dalam bentuk kalimat tanya
 Bagian tujuan berisi uraian tentang maksud ditulisnya makalah. Bagian ini menggambarkan maksud dari masalah yang dirumuskan tersebut.
 Bagian pembahasan merupakan bagian pokok dalam sebuah karya ilmiah. Bagian ini berisi uraian pembahasan dari masalah-masalah yang telah diuraikan pada bagian rumusan masalah.
 Bagian penutup berisi simpulan (intisari dari bagian pembahasan) dan saran (tindak lanjut dari simpulan).
 Daftar pustaka berisi literatur (sebuah bacaan) yang digunakan untuk membahas permasalahan yang diuraikan di dalam makalah.
 Lampiran (berisi hal-hal lain yang sifatnya mendukung pembahasan makalah, seperti : gambar, foto, dokumen, dan sebagainya)
 Setiap bagian makalah yakni : sampul, kata pengantar (jika ada), pendahuluan, pembahasan, penutup, daftar pustaka, dan lampiran (jika ada) masing-masing ditempatkan pada halaman baru.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Jadi, makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang dibuat dengan tujuan utama untuk didiskusikan lebih lanjut, serta dapat menyelesaikan suatu masalah dengan cara bersama dan bertukar fikiran. Di dalam pembuatan makalah juga, banyak sekali apa-apa saja yang harus diperhatikan, baik dari segi tulisan, rangkaian makalah, maupun topik yang akan dibahas. Dengan makalah ini juga kita dapat mendapatkan informasi baru atau wawasan baru tentang topik yang tengah dibahas.


B. Saran
Saran tim penulis, jika teman-teman akan membuat suatu makalah, maka kalian harus banyak-banyak memperhatikan segi tulisan, rangkaian makalah, maupun menentukan topik. Menurut tim penulis, jika dalam menentukan topik, kalian jangan memilih topik yang kadaluarsa atau yang telah lama dibahas publik, dalam menentukan topik harus memilih masalah yang sedang hangat dibicarakan publik.



DAFTAR PUSTAKA
M. Zubad Nurul Yaqin, 2011, Bahasa Indonesia Keilmuan, Malang, UIN Maliki Press.



loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929