loading...

Konsep Dasar Penilaian Pembelajaran

November 06, 2014
loading...

Konsep Dasar Penilaian Pembelajaran

Dalam dunia pendidikan terdapat beberapa istilah yang bertemali dengan peni¬laian yaitu evaluasi, penilaian, tes, dan pengukuran. Keempat istilah ini terka¬dang digunakan mengacu pada hal sama. Namun demikian, pada prinsipnya keempat istilah sebenarnya memiliki perbedaan. Guna membedakan keempat istilah ini berikut diuraikan konsep pengukuran, tes, penilaian, clan evaluasi.
Berkenaan dengan perbedaan antara pengukuran clan tes, Nitko (1996); Ebe) dan Friesbie (1991) menyatakan bahwa pengukuran merupakan sebuah prosedur penentuan dan penetapan skor untuk menentukan spesifikasi atribut atau karakteristik siswa. Skor hasil pengukuran mencerminkan tingkatan yang dimiliki siswa. Di sisi lain, tes didefinisikan sebagai instrumen atau prosedur sistematis untuk mengobservasi dan mendeskripsikan satu atau lebih karakter siswa menggunakan skala numerik ataupun skema klasifikasi. Senada dengan pendapat kedua ahli di atas, Miller, et al. (2009) menyatakan bahwa pengukuran dipandang sebagai proses menetapkan nilai hasil tes atau jenis penilaian lainnya yang memiliki aturan-aturan khusus. Oleh sebab itu, pengukuran biasanya menjawab pertanyaan "seberapa banyak?" Tes merupakan instrumen untuk mengukur sampel perilaku melalui pengajuan seperangkat pertanyaan secara seragam. Sebagai salah satu alat penilaian, tes biasanya menjawab pertanyaan "seberapa baik performa seorang siswa dibandingkan dengan siswa lain atau dibandingkan dengan performa tugas yang ditetapkan?"
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929