loading...

TRADISI PENGGUNA NARKOBA

January 15, 2015
loading...
MAKALAH SMP TRADISI PENGGUNA NARKOBA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panajtkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan rahmat-Nya kami dapat menyusun makalah tentang "TRADISI PENGGUNA NARKOBA". Makalah ini disusun atas dasar ilustrasi tetapi nyata. Sasaran dari pengguna narkoba ini adalah tidak berfikir dengan sehat dan banyak hal lainnya.
Semoga makalah ini dapat memberi kesadaran bagi kalangan masyarakat khususnya anak muda. Yang pada umumnya narkoba bukan untuk ajang coba-coba. Akhirnya saya ucapkan terima kasih kepada pembaca yang menganggap bahasan makalah ini sebagai acuan.




Muhajirin, April 2008
Penulis,


MULA NUGRAH. M

DAFTAR ISI

KATA FENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1. Latar Belalcang 1
1.2. Tujuan Penulisan 1
1.3. Metode Penulisan 2
BAB II PEMBAHASAN 3
2.1 Tradisi Narkoba 3
2.2 Kelemahan Pemberantasan Narkoba 3
2.3 Faktor Penyebab Pengguna Narkoba 3
BAB III PENUTUP 5
31 Kesimpulan 5
32 Saran 5
DAFTAR PUSTAKA 6

BAB I
PENDAHULUAN


Dalam rangka meningkatkan kesehatan di lingkungan masyarakat khususnya para anak muda sekarang, maka untuk itu didalam makalah ini terdapat beberapa jenis narkoba yang sudah menjadi tradisi.
Dimasa sekarang ini banyak pemuda pemudi yang menjadikan narkoba menjadi tradisi, sebagai untuk :
1. Menghilangkan stres.
2. Mengurangi rasa nyeri / sakit.
3. Dan lain sebagainya.
Untuk itu kami mengharapkan makalah ini setidaknya dapat menambah pengetahuan dan tidak menjadi tradisi bagi siswa SMP Negeri 17 Muaro Jambi dan penduduk sekitarnya.

1.1. Latar Belakang
Akhir - akhir ini dikalangan remaja/masyarakat masih banyak kedapatan menggunakan narkoba. Upaya menanggulangi pemakaian narkoba sangat sulit diatasi karena kurangnya kesadaran pada pengguna narkoba.

1.2. Tujuan Penulisan
Diambil dari masalah di atas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
- Agar siswa-siswi lebih mengenal dampak positif dan negatif dalam pengguna obat-obatan terlarang.
- Meningkatkan mat mernbaca siswa-siswi agar dapat mencari solusi dalam “TRADISI NARKOBA”.

1.3. Metode Penulisan
Makalah ini saya buat dengan alasan yang bermaksud agar para pengguna narkoba sadar dengan apa yang mereka perbuat, dan makalah ini juga menafsirkan bahwa penggunaan narkoba sangatlah merugikan bagi diri sendiri dan orang lain.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Tradisi Narkoba
Narkoba merupakan suatu zat yang mengandung efek yang sangat kuat/berbahaya. Penggunaan narkoba yang diawali dengan coba-coba ataupun cuma hanya untuk menghilangkan stres, yang akhirnya digunakan terus menerus hingga menjadi tradisi (lumrah).
Jenis-jenis narkoba yang sering digunakan antara lain :
a. Ganja adalah bahan yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan yang tidak mengandung zat pembius tetapi hanya menghilangkan rasa stres.
b. Heroin adalah zat yang sangat berbahaya yang memiliki zat pembius yang sangat tinggi dari obat-obatan terlarang lainnya.

2.2 Kelemahan Pemberantasan Narkoba
Pemberantasan pengguna narkoba sulit dilakukan karena kurangnya kesadaran bagi pemakai narkoba, yang pada dasarnya remaja/masyarakat umum menganggap bahwa memakai narkoba hanya berpengaruh pada kenikmatan sesaat.
Pemberantasan pengguna narkoba ini sangat sulit dilakukan karena pengguna narkoba tidak berfikir panjang, dimana pengguna hanya berfikir jika hanya mencoba tidak akan berpengaruh, padahal dengan adanya mencoba barang tersebut akan bereaksi dengan mengendalikan diri di luar sadar.

2.3 Faktor Penyebab Pengguna Narkoba
Faktor dari pengguna narkoba sangat mempengaruhi bagi lingkungan, yang diantaranya :
- Kurangnya kasih sayang dari keluarga (orang tua).
- Akibat dari pengekangan/terlalu membatasi apa yang hendak dilakukan. Akibat pergaulan yang sangat (terlalu bebas).
- Cara berfikir yang pendek tanpa memikirkan dampak negatifnya. Akibat dari ajang coba-coba dan lain sebagainya.

BAB III
PENUTUP

Dengan penulisan/perumusan makalah ini, semoga para pembaca khususnya siswa-siswi SMP, SMA yang sudah membaca atau yang sudah mengetahui dampak dari penggunaan narkoba agar dapat memetik hikmah dari makalah yang saya buat.

31 Kesimpulan
Didalam makalah ini saya menyimpulkan bahwa upaya pemberantasan narkoba sulit dilakukan karena adanya faktor-faktor yang menguatkan pengguna narkoba itu menjadi berkembang hingga menjadi tradisi.

32 Saran
Pengenalan pada narkoba sangatlah penting, tetapi dengan mengetahui dampak dan hikmah yang terkandung pada pengguna narkoba tersebut. Janganlah mencoba-coba narkoba dan jika yang sudah terjerumus pada pemakaian narkoba agar berhenti dan rehabilitasi

DAFTAR PUSTAKA

Sujak, Abi. 1990. Aksitenti Dalam Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Yang sudah kunjung kemari, jangan lupa bagikan ke teman ya

https://go.oclasrv.com/afu.php?zoneid=1401929